Gubernur lobby Dubes AS dan Jepang untuk ASEAN

Disela-sela kesibukan pelaksanaan Asean Economic Ministers and Related Meetings, Gubernur Sulawesi Utara terus melakukan lobby-lobby internasional dalam rangka mempromosikan Sulut. Saat menunggu untuk membuka Seminar on Enhancing Asean Connectivity to Support ASEAN Community 2015 di Hotel Sintesa Peninsulla Manado, Kamis 11 Agustus 2011, Gubernur memanfaatkan waktu untuk berdiskusi dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN David Carden, Dubes Jepang untuk ASEAN Takio Yamada dan Wakil Dari Uni Eropah Jan Willem Blankert. Nampak hadir juga Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Djauhari Oratmangun, Dubes RI untuk ASEAN Ngurah Swajaya, dan Walikota Bitung Hanny Sondakh.

Dialog itu sendiri tampak lebih informal namun diisi dengan materi percakapan soal potensi Sulawesi Utara yang masih sangat terbuka untuk investor mancanegara. Duta Besar AS untuk ASEAN, Duta Besar Jepang untuk ASEAN dan Wakil Uni Eropah nampak serius mendengarkan penjelasan-penjelasan Gubernur Sulawesi Utara yang antara lain menyampaikan rencana pengembangan Kota Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus dan persiapan Sulut menjadi “A New Gate of Eastern Indonesia to Asia Pacific”.

Pertemuan-pertemuan seperti ini menjadi kesempatan yang baik bagi Gubernur untuk lebih memperkenalkan Sulawesi Utara ke dunia internasional. Dalam tiga hari penyelenggaraan AEM, setidaknya Gubernur telah melakukan pertemuan dengan Menteri Ekonomi atau Duta Besar Negara ASEAN dan Negara Mitra Dialog AEM antara lain Menteri Perdagangan Malaysia, Dubes Brunai Darrusalam untuk Indonesia, Dubes AS untuk ASEAN, Dubes Jepang untuk ASEAN dan Wakil Uni Eropah yang menghadiri AEM. Dalam beberapa hari ke depan, Gubernur juga beberapa Menteri Ekonomi ASEAN dan negara Mitra Dialog akan menemui Gubernur. Hal ini semakin menunjukkan minat mereka yang besar untuk menjajaki hubungan kerjasama langsung dengan Provinsi Sulawesi Utara yang saat ini menjadi magnet baru di kawasan Indonesia Timur. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH, M.Ed selaku Jubir Pemprov Sulut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: