Wagub : PNS Wajib Hindari Praktek KKN!

Kamis (4/8) kemarin, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Djouhari Kansil, M.Pd membuka sekaligus memimpin pelaksanaan rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) pembangunan triwulan II untuk tahun anggaran 2011. Kansil yang didampingi Asisten bidang Administrasi Umum A. G. Kawatu, M.Si dalam pengarahan yang diberikan kepada seluruh Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan pejabat Eselon III yang hadir dengan tegas memerintahkan untuk semakin meningkatkan kinerja melalui pelaksanaan dari perencanaan kerja yang benar-benar terprogram. Penegasan ini disebabkan karena berdasarkan laporan yang disampaikan Kepala Biro Pembangunan Dra. Femmy Suluh, M.Si, masih banyak SKPD yang capaian prosentasi kinerjanya masih di bawah 40%, padahal sudah memasuki triwulan ke-3. ‘’Hal ini menandakan ada yang tidak beres dengan kinerja SKPD. Kepala SKPD wajib melaksanakan rapat evaluasi secara rutin agar mengetahui secara pasti kondisi dan capaian kerja yang sudah ada,’’ tegas mantas Kadis Diknas ini.

Lanjut calon Doktor Ilmu Sosial ini mengingatkan seluruh SKPD agar perlu mengantisipasi penumpukan kegiatan di triwulan III dan IV ini, terutama pada proyek-proyek fisik. Karena biasanya, jika pekerjaan menumpuk akan terjadi penurunan kualitas pekerjaan yang bias berdampak hukum. ‘’Saya ingatkan agar setiap SKPD wajib memonitoring pelaksanaan proyek fisik dan melaporkan kegiatan pembangunan setiap bulan, baik diminta maupun tidak,’’ tegas mantan Kaban Diklat Sulut ini.

Kansil juga mengingatkan kepada seluruh pejabat agar lebih berhati-hati dalam implementasi program dan kegiatan terlebih dalam pengelolaan keuangan daerah. Dia meminta agar seluruh PNS bekerja sesuai koridor ketentuan yang berlaku dan menghindari praktek-praktek yang mengarah pada Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). ‘’Karena praktek tersebut dapat membawa kita pada jeratan hukum. Ingat, segala bentuk pengelolaan keuangan daerah senantiasa diaudit oleh instansi pengawas baik intern maupun ekstern,’’ imbuhnya. (Juru Bicara Pemprov Sulut, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: