SHS Warning Pejabat Terus Tingkatkan Kinerja

Senin (1/8) kemarin, Gubernur Sulawesi Utara DR. S. H. Sarundajang memimpin apel kerja seluruh pejabat eselon II, III, dan IV Pemprov Sulut. Dalam pengarahannya, kembali Sarundajang mengingatkan seluruh pejabat untuk mampu bekerja efektif dan efisien. Apalagi dengan diterimanya opini WTP (wajar tanpa pengecualian) untuk yang kedua kalinya, seluruh PNS khususnya para pejabat ditantang untuk mampu menciptakan suasana kerja yang betul-betul akan mendukung opini WTP tersebut. ‘’Kerja efektif belumlah cukup jika tidak ditunjang dengan efisiensi. Dalam artian, mampu menghasilkan sesuatu yang maksimal dengan menggunakan pendanaan yang seminim mungkin,’’ ujar Sarundajang.

Terkait dengan opini WTP dalam hal pengelolaan keuangan daerah, Ahli Administrasi Teritorial pada Institut Internasional Administrasi Publik Prancis ini dengan tegas mewarning seluruh pejabat untuk jangan dulu berbangga. Bahkan Sarundajang menantang seluruh PNS Pemprov agar bisa merebut opini yang sama untuk yang ketiga kalinya. ‘’Tingkatkan kinerja, karena implementasi WTP bukan hanya semata-mata pada pengelolaan keuangan, tapi juga pada persoalan pelayanan publik,’’ tegasnya sembari menambahkan bahwa pantas atau tidaknya Sulut diberikan opini WTP juga tergantung dari penilaian publik. Adalah sesuatu yang riskan  jika pelayanan yang diberikan kepada publik tidak maksimal, banyak pengeluhan karena kepentingan atau urusan masyarakat tidak terlayani, padahal sudah dua kali menerima opini WTP. ‘’Pada prinsipnya PNS merupakan pelayan masyarakat, jadi tunjukkan status tersebut dengan memberikan pelayanan yang prima tidak hanya sekedar leaps-service,’’ tambah mantan Irjen Depdagri ini.

 

Menurut Sarundajang, opini WTP yang diterima untuk kedua kalinya merupakan bentuk kerja keras dari semua pihak. Tapi yang harus diingat oleh PNS, disiplin anggaran belumlah cukup, yang utama bagaimana menerapkan disiplin kinerja, mulai dari disiplin jam kerja sampai pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing SKPD. ‘’Selain efektif, efisien, kinerja juga harus akuntabel yakni harus dapat diukur sejauh mana tingkat keberhasilan dari kinerja yang sudah dilaksanakan,’’ tukas Sarundajang. (Juru Bicara Pemrov Sulut, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: