Gubernur : PNS Wajib Terus Sekolah

Salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi yakni tersedianya aparatur pemerintahan yang handal, berkualitas, berdedikasi, serta berpendidikan yang tinggi. Pentingnya hal ini juga disadari oleh Pemprov Sulut. Berbagai upaya dilakukan guna menghasilkan PNS yang benar-benar berkualitas dan dapat menerapkan reformasi birokrasi sebagaimana yang digaungkan selama ini. Salah satu upaya yakni menyekolahkan PNS ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lewat program tugas belajar. Atau bagi PNS yang tidak mendapat tugas belajar tetapi punya kemauan tinggi untuk lanjut studi, maka Pemprov juga siap membantu. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sulawesi Utara DR. S. H. Sarundajang saat memberikan arahan pada apel kerja Pejabat eselon II, III, dan IV Pemrov Sulut Senin (1/8) kemarin.

Sarundajang sangat menyadari pentingnya pendidikan dalam menunjang pelaksanaan tugas pemerintah yang ada. Bahkan dalam beberapa acara resmi, Doktor berpredikat Cum Laude pada Universitas Gadjah Mada ini terus memotovasi semua orang untuk tidak pernah berhenti sekolah atau yang dibahasakannya dengan long life education. Dan hal tersebut selalu dikaitkan dengan pribadinya sendiri, dimana dalam usia lanjut masih bersemangat untuk terus sekolah. ‘’Saya saja yang sudah opa-opa masih mau sekolah, apalagi saudara yang masih muda. Sekolah itu penting, dan saya bangga jika ada PNS yang punya kemauan kuat untuk terus menambah ilmu,’’ tukas mantan dosen luar biasa mata kuliah ilmu politik Fakultas Sospol Universitas Sam Ratulangi Manado ini.

Menurut Sarundajang, Pemerintah patut memberikan apresiasi yang tinggi kepada birokrat yang punya keinginan kuat untuk menambah pengetahuan lewat jenjang pendidikan normatif yang lebih tinggi. ‘’Pemerintah wajib membantu PNS yang benar-benar punya kemauan untuk sekolah tapi tidak terkover dalam pembiayaan tugas belajar,’’ ujar Sarundajang sembari mengingatkan Sekretaris Provinsi Sulut Ir. Siswa R. Mokodongan yang juga hadir dalam apel kerja tersebut untuk segera mengalokasikan dana khusus bantuan studi PNS yang melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3.

Selain bantuan untuk jenjang pendidikan normatif, Sarundajang juga berkomitmen untuk membantu PNS yang punya kemauan keras menambah pengetahuan dan keahlian lewat kursus-kursus yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi birokrat. ‘’Semisal kursus computer ataupun bahasa Inggris, akan ditata agar ada bantuan pemerintah yang diberikan’’ tambahnya.

Komitmen ini langsung disambut baik oleh beberapa PNS yang saat ini sementara menambah pendidikan pada jalur S2 dan S3 dengan sumber pembiayaan mandiri. Beberapa diantaranya Kepala Badan Kepegawaian Sulut Drs. R. Tumiwa, M.Pd, Kepala Biro Organisasi Dra. Linda Watania, M.Si, Kepala Biro Pembangunan Dra. Femmy Suluh, M.Si, dan Kasubag Pengumpulan dan Penjaringan Informasi Vanda Jocom, S.Sos, M.Si, dimana keempat birokrat ini sementara menempuh pendidikan S3 di Universitas Padjajaran Bandung.  (Juru Bicara Pemrov Sulut, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: