Pidato Gubernur Menyambut Ramadhan

ASSALAMMU’ALAIKUM WARAKHMATULLAHI WABARAKATUH,

MARILAH KITA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SUBHANNA WATA’ALAH, DAN MENGUCAPKAN SYUKUR ALHAMDULILLAH, KARENA ATAS RAHMAT DAN KARUNIANYA MULAI BESOK, TANGGAL 1 BULAN RAMADHAN 1432 HIJRIAH TAHUN 2011, UMAT ISLAM AKAN MULAI MELAKSANAKAN SALAH SATU KEWAJIBAN AGAMA, YAKNI MENUNAIKAN IBADAH PUASA…!

MENGIRINGI KEBAHAGIAAN INI, SAYA MENGAJAK SEGENAP UMAT ISLAM DI PROVINSI SULAWESI UTARA UNTUK MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1432 HIJRIAH DENGAN PENUH SYUKUR, SERTA DALAM NUANSA PERSAUDARAAN YANG RUKUN DAN DAMAI.

OLEH KARENA ITU, ATAS NAMA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT SULAWESI UTARA, SAYA MENYAMPAIKAN UCAPAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1432 HIJRIAH TAHUN 2011 KEPADA UMAT ISLAM YANG ADA DI BUMI NYIUR MELAMBAI PROVINSI SULAWESI UTARA.

SAUDARA-SAUDARA KAUM MUSLIMIN DAN MUSLIMAT YANG BERBAHAGIA,

SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BERSAMA, BAHWA BULAN SUCI RAMADHAN MERUPAKAN BULAN YANG PENUH RAHMAT DENGAN BERBAGAI KELEBIHAN DAN KEUTAMAAN YANG BESAR, KARENA MERUPAKAN BULAN PENGAMPUNAN DAN BULAN BERKAH BAGI UMAT ISLAM. DISAMPING ITU JUGA, BULAN SUCI RAMADHAN MERUPAKAN PERWUJUDAN RASA SOLIDARITAS YANG TINGGI KEPADA UMAT, DAN RASA UKHUWAH YANG BERDASARKAN IMAN. SEKALIGUS, SEBAGAI MOMENTUM YANG TEPAT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS IMAN…,MEMPERKUAT KETAQWAAN…, MENIMBULKAN RASA CINTA KEPADA KEADILAN DAN PERSAMAANDERAJAT UMAT MANUSIA DALAM MENJALANKAN KEWAJIBAN DAN MEMPEROLEH HAK, MEMPERBANYAK AMALAN, SERTA MEMPERERAT HUBUNGAN KASIH SAYANG DENGAN SESAMA MUSLIM DAN UMAT MANUSIA.

HAL INI TERAKTUALISASI DALAM PERBUATAN AMAL, SEPERTI MEMBERIKAN SEDEKAH KEPADA FAKIR MISKIN, MEMBERI BANTUAN KEPADA ORANG-ORANG YANG TERTIMPA BENCANA DAN YANG MEMBUTUHKAN PERTOLONGAN, SERTA PERBUATAN BAIK LAINNYA.

DALAM KONTEKS ITULAH, UNTUK MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN PADA BESOK HARI, MAKA SAYA MENGHARAPKAN KEPADA KAUM MUSLIMIN DAN MUSLIMAT DI PROVINSI SULAWESI UTARA, HENDAKNYA DAPAT MEMPERSIAPKAN DIRI DENGAN SEBAIK-BAIKNYA, BAIK LAHIR MAUPUN BATHIN, SEHINGGA IBADAH PUASA SEBAGAI WUJUD PERNYATAAN IMAN KEPADA TUHAN YANG MAHA KUASA DAPAT DILAKSANAKAN SECARASEMPURNA, SERTA DAPAT MENGAKTUALISASIKAN HAKEKAT MAKNA IBADAH PUASA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

KITA MENYADARI, BAHWA PENGUATAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI MORAL DAN RELIGIUS SEBAGAIMANA PEMBINAAN LEWAT JALUR AGAMA, MERUPAKAN ASPEK YANG SANGAT URGEN DAN SIGNIFIKAN DALAM MEMBERIKAN KONTRIBUSI POSITIF, TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA DALAM DIMENSI KEUTUHAN JASMANI MAUPUN ROHANI. KARENA ITU, DIHARAPKAN MELALUI IBADAH PUASA DI BULAN SUCI RAMADHAN INI, AKAN DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS IMAN UMAT ISLAM, SERTA TERMOTIVASI UNTUK MENGAPLIKASIKANNYA DALAM SETIAP ASPEK KEHIDUPAN.

SAYA MENGHARAPKAN, AGAR UMAT ISLAM DI DAERAH INI, DAPAT TAMPIL TERDEPAN MENJADI FIGUR PELOPOR PEMERSATU BANGSA YANG MEMBENTENGI DIRI DENGAN KEYAKIAN IMAN YANG KOKOH DAN NILAI-NILAI RELIGIUS. HAL INI PENTING AGAR TIDAK TEROMBANG-AMBING OLEH BERAGAM PENGARUH ISSUE-ISSUE YANG SENGAJA DIHEMBUSKAN OLEH ORANG-ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MEMECAH BELAH PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DI DAERAH INI. TERMASUK DIDALAMNYA UPAYA-UPAYA PROVOKASI YANG MENIMBULKAN PERTENTANGAN DENGAN MEMANFAATKAN FANATISME AGAMA DAN GOLONGAN YANG SEMPIT. OLEH KARENA ITU, SAYA MENGAJAK KITA SEMUA UNTUK BERSATU HATI…, SALING MENDOAKAN…, SALING MEMBANTUDALAM KETULUSAN…, SALING MENGHORMATI…, DAN MENGHARGAIBERBAGAI PERBEDAAN. JAGALAH KERUKUNAN YANG SUDAH KITA BINA SELAMA INI SAMBIL TETAP WASPADA TERHADAP BERBAGAI ANCAMAN YANG DAPAT MENGGANGGU INDAHNYA KEBERSAMAAN YANG TELAH TERCIPTA SELAMA INI.

KEPADA MASYARAKAT SULAWESI UTARA YANG TIDAK MELAKSANAKAN IBADAH PUASA, KIRANYA DAPAT MENUNJUKKAN TOLERANSIYANG TINGGI, DENGAN MENGHORMATI DAN MENGHARGAI SAUDARA-SAUDARA KITA UMAT ISLAM YANG AKAN MELAKSANAKAN AJARAN AGAMANYA.

SELANJUTNYA, SAYA PATUT MENYAMPAIKAN UCAPAN TERIMA KASIH DAN MEMBERIKAN PENGHARGAAN YANG TINGGI KEPADA TOKOH-TOKOH AGAMA ISLAM DAN SELURUH UMAT ISLAM DI PROVINSI SULAWESI UTARA, YANG TELAH MEMBERIKAN KONTRIBUSI POSITIF DALAM MENCIPTAKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT YANG RUKUN DAN DAMAI, SEHINGGA BERBAGAI KEBIJAKAN DAN PROGRAM DI BIDANG PEMERINTAHAN, PEMBANGUNAN DAN KEMASYARAKATAN DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK, SERTA DAERAH SULAWESI UTARA SENANTIASA DALAM KEADAAN YANG AMAN DAN KONDUSIF. SAMBIL MENGHARAPKAN, KIRANYA KITA SEMUA DAPAT MENDUKUNG LEWAT DOA DAN PARTISIPASI AKTIF UNTUK MEMBANGUN SULAWESI UTARA SEBAGAI PINTU GERBANG INDONESIA DI KAWASAN ASIA PASIFIK MENUJU MASYARAKATYANG SEMAKIN BERBUDAYA, BERDAYA SAING DAN SEJAHTERA.

SAUDARA-SAUDARA, PEMIRSA TELEVISI DAN PENDENGAR RADIO YANG BERBAHAGIA.

DEMIKIAN SAMBUTAN SAYA. AKHIRNYA, ATAS NAMA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT SULAWESI UTARA, SEKALI LAGI SAYA MENGUCAPKAN “SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1432 HIJRIAH TAHUN 2011” KEPADA SAUDARA-SAUDARA UMAT ISLAM DI PROVINSI SULAWESI UTARA.

SEMOGA TUHAN YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG, SENANTIASA MEMBERIKAN KEKUATAN BAGI UMAT ISLAM DALAM MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA DI BULAN SUCI RAMADHAN INI.

TERIMA KASIH,

WASSALAMMU ’ALAIKUM WARAKHMATULLAHI

WABARAKATUH.

GUBERNUR SULAWESI UTARA

DR. S. H. SARUNDAJANG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: