Gubernur: Pendidikan bermutu modal masa depan bangsa

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh 3 hal pokok yaitu: Sarana/Prasarana/Fasilitas, tenaga pendidik (guru/dosen), dan bahan ajar/kurikulum. Yayasan Pelita harapan melalui Sekolah Dian Harapan saat ini sedang menyatakan komitmennya untuk menyediakan layanan pendidikan bermutu dengan memberikan perhatian terhadap tiga faktor penentu keberhasilan pendidikan tersebut yang diimplementasikan secara holistik dengan pembinaan spiritual yang berciri kristiani. Demikian antara lain dikatakan Gubernur DR. Sinyo Harry Sarundajang ketika melakukan Soft Opening Sekolah Dian Harapan Manado di Lokasi Persekolahan GMIM Ranotana Manado. Sekolah Dian Harapan merupakan hasil kerjasama Persekolahan Yayasan A.Z.R.Wenas GMIM dengan Yayasan Pelita Harapan yang merupakan Yayasan Pendidikan dibawah payung Lippo Group di bawah pimpinan DR. James Riady, Bentuk kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk investasi sarana berupa Bangunan Sekolah, sarana pendukung, tenaga pendidik dan bahan ajar yang dilakukan Yayasan Pelita Harapan terhadap sekolah GMIM yang dikelola Yayasan Persekolahan A.Z.R. Wenas GMIM. Dengan demikian institusi Sekolah GMIM tetap dipertahankan namun diberi bantuan untuk dikembangkan menjadi Sekolah Bermutu dengan nama Sekolah Dian Harapan. Sekolah sekolah ini nantinya akan dilengkapi dengan bangunan yang representatif serta sarana penunjang yang bertaraf internasional. Sekolah tersebut nantinya tetap melaksanakan kurikulum sesuai dengan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan yang dikeluarkan Kemendiknas namun akan diperkaya dengan muatan kurikulum berstandar internasional.

Gubernur memberikan apresiasi khusus kepada DR. James Riady dengan Lippo Group dan Yayasan Pelita Harapannya yang sangat concern untuk membangun pendidikan dan kesehatan yang berwawasan Kristiani. Apalagi manajemen Lippo Group saat ini mempercayakan putra kawanua Drs. Theo Sambuaga sebagai Presiden Komisaris Group bisnis tersebut.  Pada bulan Oktober nanti Lippo Group juga akan membangun Rumah Sakit Internasional yang merupakan cabang dari RS Siloam Jakarta yang merupakan salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia. Kalau dahulu Lippo Group lebih memilih berinvestasi di Indonesia Bagian Barat, saat ini Lippo Group mulai mengarahkan usahanya ke Indonesia Timur, demikian Gubernur. Invasi usaha yang dilakukan Lippo Group saat ini juga diwarnai dengan komitmen yang tinggi dari DR. James Riady untuk melayani rakyat sebagai wujud ucapan syukur atas karya Tuhan yang telah berlaku atas dirinya. Kehadiran lembaga pendidikan bermutu seperti Sekolah Dian Harapan ini akan menopang upaya pembangunan pendidikan bermutu di Sulawesi Utara untuk mempersiapkan generasi muda Sulawesi Utara yang memiliki kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor serta memiliki integritas dan kecakapan spiritualitas yang baik. Gubernur juga berharap bentuk kerjasama GMIM dengan Yayasan Pelita Harapan ini akan terus dikembangkan di Sulawesi Utara agar sekolah-sekolah yang dikelola GMIM dan yayasan kristen lainnya yang ingin bekerjasama dengan Yayasan pelita Harapan akan semakin meningkat kualitas dan kuantitasnya.

Acara persemian turut dihadiri oleh Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu yang hadir khusus untuk menjajaki kerjasama seperti yang dilakukan Pemprov Sulut dengan Dr. James Riady dan Lippo groupnya. Hadir juga Walikota dan Wakil Walikota Manado, Preskom Lippo Group Theo Sambuaga dan Ketua Yayasan Pelita Harapan DR. Jonathan Papapak yang dikenal sebagai salah satu cendekiawan Kristen di Indonesia. Setelah meresmikan Sekolah Dian Harapan di Ranotana, Gubernur juga meresmikan Sekolah yang sama di Tomohon. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH, M.Ed selaku Jubir Pemprov Sulut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: