Kumentas: Peran Penyuluh Sangat Penting Untuk Petani

Untuk menetapkan arah dan kebijaksanaan kegiatan penelitian dan pengkajian teknologi pertanian, dilaksanakan workshop advokasi kegiatan Farmer Empowerment Through Agricurtural Technology and Information (FEATI).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh balai pengkajian teknologi pertanian bekerjasama dengan biro Sumber Daya Alam Setda Prov Sulut, yang digelar Kamis (28/7),bertempat di duang Mapaluse Kantor GuberHadir juga Kepala Biro SDA Setda Prov Sulut, Ir Sandra Moniaga, besera perwakilan dari beberapa Kabupaten/Kota se Sulut.

Kegiatan tersebut dibuka oleh staf ahli Gubernur bidang pembangunan, W Kumentas yang mewakili Sekprov SR Mokodongan. Dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini dapat memberikan penguatan serta wawasan yang inovatif kepada semua stakholder.

“Melalui kegiatan ini dapat menjalin juga kebersamaan yang baik dan komunikasi yang efektif,, sehingga berbagai kajian ilmiah di sektor pertanian dapat dengan cepat dirasakan oleh setiap element masyarakat khususnya petani,” tuturnya.

Namun disadari juga masih banyak informasi dan teknologi yang telah dihasilkan oleh lembaga penelitian khususnya badan penelitian dan pengembangan pertanian yang belum sampai kepada pengguna atau petani, sehingga teknologi tersebut belum dapat diaplikasikan dalam kegiatan usaha taninya. Melalui workshop ini merupakan satu wadah yang mempertemukan bebeapa komponen pening dalam menyelesaika masalah.

“Peran penyuluh sangat pening dan strategis untuk mempercepat proses diseminasi, agar teknologi dapat lebih cepat diadopsi para petani,untuk itu para peserta diharapkan memanfaatkan moment untuk menggali informasi  sehingga bayak pengetahuan yang mampu diserap untuk kemudian dialirkan sampai pada ranting pertanian , dalam rangka peningkatan kapasitas dan eksistensi sektor pertanian daerah guna mendukung Sulut yang berdaya saing dan sejahtera,” ujarnya.(Kabag Humas, CH Sumampow SH.MEd, selaku Jubir  Pemprov Sulut).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: