Angka Kriminalitas Di Sulut Menurun

Kesadaran warga Sulut akan hukum saat ini terus meningkat, ini terbukti dengan menurunya angka kriminalitas yang terjadi di wilayah Sulut.

Hal tersebut diungkapkan dalam kunjungan kerja tim komisi I DPR RI yang bertatap muka langsung dengan Gubernur, Wakil Gubernur, Ketua DPRD, Unsur forum Koordinasi Daerah Sulut, yang digelar Selasa (26/7) di ruang Mapaluse kantor Gubernur.

Secara detail hal tersebut disampaikan Kapolda Sulut Brigjen Pol Carlo Tewu saat memaparkan kondisi keamanan wilayah Sulut. Tewu menyatakan sampai saat ini angka kriminalitas menurun hingga 16 persen. Dampak positif ini terjadi karena warga semakin sadar dan taat akan hukum yang ditegakkan.

”Sampai saat ini keamanan wilayah Sulut masih terjaga dengan baik angka kriminalitas secara pasti menurun,” ujarnya. Dilanjutkan Tewu kasus Korupsi yang ditangani pihak Polda Sulut ikut juga berkurang. Terkait dengan kasus pencurian ikan diwilayah perairan laut Sulawesi, terus juga dibabat oleh pihak kepolisian.

Gubernur Sulut, DR Sinyo Harry Sarundajang juga memberikan penjelasan singkat mengapa keamanan di Sulut bisa terjalin dengan baik, karena diberlakukannya wajib lapor bagi pendatang yang tinggal di satu daerah. ”Setiap tamu yang berkunjung dalam satu rumah akan ditanyakan oleh satu tim yang bertugas mendata apa maksud dan tujuan berkunjung, ini untuk menjaga keamanan,” ujar Gubernur.

Sama halnya juga dalam menjaga keamanan, pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI  Amril Amir menyatakan pihak TNI juga tidak tinggal diam menjaga kesatuan keamana NKRI khususnya juga di daerah perbatasan, seperti halnya di wilayah Sulut.

”Pihak TNI juga bekerjasama dengan Polri dalam menjaga stabilitas keamanan, kami selalu melaksanakan operasi militer di daerah yang dianggap rawan dan strategis, bersyukur saat ini Sulut masih dalam kondisi kondusif,” ujarnya.(Kabag HUmas, CH Sumampow SH.Med, selaku jubir Pemprov Sulut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: