Pengembangan Minapolitan Terkendala Kurangnya Penyuluh Perikanan

Pengembangan minapolitan perikanan tangkap dan perikanan budidaya di daerah ini, sedikit mengalami kendala oleh karena kurangnya tenaga penyuluh perikanan yang tersedia. mestinya di setiap kecamatan harus ada, sehingga pengembangan program ini bisa berjalan maksimal. Hal itu dikatakan Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut Ir Happy Joi Korah Msi, ketika mewakili Sekprov Sulut Ir. Siswa R. Mokodongan membuka Rapat Koordinasi Konsep Kawasan Minapolitan di rupat Asisten II Pemprov Sulut, kamis (21/07) kemarin.
Kegiatan yang digelar Biro Sumber Daya Alam (SDA) Setda Provinsi Sulut ini, menurut Korah dari 1260 tenaga penyuluh yang ada di provinsi sulut, penyuluh perikanan jumlahnya hanya 60 orang, sedangkan sisanya merupakan penyuluh pertanian peternakan serta penyuluh perkebunan, itu artinya belum mencukupinya. “ pada hal peran mereka dinilai sangat penting dalam upaya menyukseskan konsep minapolitan ini, karena cakupan tugasnya sangat luas mulai dari pembinaan kepada unit pengelola ikan berskala kecil, seperti pengasapan ikan dari usaha masyarakat agar tidak menggunakan zat pewarna, termasuk pengawasan terhadap ilegal vishing yang sering dilakukan nelayan dari luar negeri. ” Kata Korah.
Korah menyebutkan, rakor ini khusus berbicara menyangkut minapolitan budidaya tangkap menyangkut kualitas produksi ikan kita sehingga mampu bersaing dengan ikan-ikan dari daerah lain. Karena ada tujuh kabupater/kota yang dipercayakan pemerintah pusat menjadii kawasan minapolitan yaitu Manado, Bitung, Minahasa, Minut, Minsel, Bolmut dan sangihe. “Namun diakuinya kedepan seluruh kabupaten kota yang mempunyai laut di luar tomohon dan kotamobagu, nantinya akan ditetapkan sebagai kawasan minapolitan,” Papar Korah.(Kabag humas Christian Sumampow, SH MEd selaku jubir pemprov).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: