Menkokesra Bantu Bencana Lokon 500 Juta

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Dr. Agung Laksono saat berkunjung di daerah ini, Sabtu (16/07) kemarin, didampingi  Wagub Sulut Drs Djouhari Kansil MPd, berkunjung ke Kota tomohon untuk melihat langsung kondisi para pengungsi akibat meletusnya gunung lokon beberapa hari terakhir ini.

Setibanya di kota tomohon,  Agung Laksono langsung mengadakan pertemuan dengan seluruh jajaran Pemerintah kota di Kantor Walikota lama (Ex Rindam). Laksono memberi apresiasi positif langkah-langkah yang ditempuh  masyarakat maupun  pemerintah kota dan pemprov sulut dalam menyelamatkan warganya yang terkena bencana lokon untuk direlokasikan ketempat-tempat penampungan sementara. “Langkah menyelamatkan nyawa manusia itu yang paling utama dalam setiap menghadapi peristiwa bencana seperti ini,”  kata Laksono.

Karena itu Laksono berharap agar warga yang terkena bencana diharapkan untuk sementara jangan dulu kembali kerumah, sebab gunung lokon sampai saat ini masih menunjukan aktivitas. “Sebagai Manusia tentunya kami tidak bisa memprediksi gejala alam yang terjadi sampaikan kapan selesai, justeru sekitar pukul  7 pagi (Sabtu pekan) lokon masih mengeluarkan semburan abu vulkanik setinggi 800 Meter”. katanya lagi.

Untuk itu Laksono mengimbau, agar warga mematuhi petunjuk dari petugas siaga bencana yang ada yaitu Satkorlak, TNI/Polri, BNPB dan Tim SAR. Dalam pertemuan itu Laksono telah menyarahkan bantuan Rp. 500 Juta dari pemerintah pusat yang diterima Walikota Tomohon Jemmy Eman, SE. Usai pertemuan Laksono yang didampingi Wagub Kansil dan walikota Jemmy Eman serta sejumlah pejabat lainnya mengunjungi Pos Pemantau gunung lokon dan mahawu, mengunjungi pengungsi yang ada di persekolah Kristen dan pngungsi di taman kota tomohon. Ikut dalam rombongan Menteri yaitu Dirjen Bina Upaya Kesehatan Supriantoro Sp. P MARS, Deputy I Bidang Kerawanan Kemenkokesra Laksamana Muda Willem Rampangiley dan Staf Khusus Menkokesra Leo Nababan.

Sedangkan, Kepala BNPB Syamsul Maarif sebelum kembali ke Jakarta Sabtu siang di VIP Bandara Sam Ratulangi menyebutkan, BNPB juga telah menyerahkan bantuan dana sebesar Rp. 300 Juta kepada korban bencana lokon serta makanan siap saji dan matras. Jika diuangkan jumlahnya sebesar Rp. 300 Juta. Bantuan tersebut sudah diserahkan  kepada Walikota Tomohon Jemmy Eman setibanya di tomohon pada jumat malam, jelas Maarif.(Kabag Humas Christian Sumampow, SH Med selaku jubir pemprov).  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: