Sarundajang Himbau Kabupaten/Kota Waspadai Terjadinya Bencana

15 Kabupaten/Kota se- Sulut semuanya masuk dalam peta wilayah rawan bencana, untuk mengantisipasi dampag buruk yang  ditimbulkan dari bencana alam itu sendiri, maka  Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang menghimbau kepada para Bupati/Walikota untuk terus mewaspadainya, hal itu dikatakan Gubernur Sarundajang melalui Jubir Pemprov Sulut Christian Sumampow, SH MEd kepada sejumlah wartawan di Kantor Gubernur, Kamis (14/07).

Menurut Sumampow, saat ini kita sedang menghadapi  bencana gempa bumi akibat meletusnya gunung lokon dan soputan beberapa waktu lalu,  dimana  kedua gunung tersebut sampai saat ini masih aktif mengeluarkan debu vulkanik akibat erupsi yang masih sering terjadi. Disisi lain ada kabupaten/kota yang rawan terjadinya tanah longsor, dan banjir bandang, seperti  Kabupaten Bolmong dan Bolsel pada Mei 2011 lalu, mengalaminya. Dan akibat peristiwa itu kedua daerah tersebut,  mengalami kerugian  miliaran rupiah karena banyak  infrastruktur pemerintah dan rumah- rumah penduduk mengalami rusak berat, ujarnya.

Langkah- langkah antisipasi terus dilakukan pemerintah provinsi, melalui Gubernur Sarundajang antara lain, melakukan koordinasi dengan semua komponen masyarakat mulai dari tingkat desa/kelurahan, kabupaten/kota sampai pada tingkat provinsi dan pusat termasuk satkorlak,  penyiapan sarana dan prasaranan penanggulangan bencana seperti peralatan komunikasi dan informasi bencana pendirian posko darurat, penyiapan penampungan sementara termasuk dapur umum bagi korban bencana terus diupayakan Gubernur Sarundajang, jelas Sumampow.(Kabag Humas Christian Sumampow, SH MEd selaku jubir pemprov sulut).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: