Pemprov Terapkan Perijinan Satu Pintu

Dalam rangka upaya peningkatan  perbaikan iklim usaha di daerah ini, maka Pemprov sulut kini mulai menerapkan sistem perijinan satu pintu. Hal itu terungkap dalam Sosialisasi Pergub No. 8 Tahun 2011 Tentang Pendelegasian Kewenangan Untuk Menandatangai Perizinan dan Non Perisinan. Bab II Pasal 2  Pergub tersebut menyebutkan, penandatangan dokumen perizinan dan non perizinan merupakan kewenangan Gubernur yang dilimpahkan kepada Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT). Mereka itulah nantinya akan mengeluarkan ijin- ijin bagi investor  yang akan berinvestasi di daerah sulut, Demikian disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Sulut Asseano Gammy Kawatu, SE MSi saat membuka acara sosialisasi tersebut di Hotel Grand Kawanua Manado, Rabu (13/07).  

 

Kawatu menyebutkan, mudah-mudahan dengan adanya Pergub itu sekaligus bisa menjawab keluhan dari para pelaku usaha dan investor, terkait dengan pengurusan ijin usaha yang dinilai sangat sulit dan berbelit-belit, tidak adanya durasi kepastian waktu penyelesaian ijin, serta besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pengurusan ijin, ujarnya.

 

Untuk itu Kawatu mengharapkan kalau selama ini 10 bidang atau SKPD yang selama ini memiliki kewenangan untuk menandatangani perizinan kedepan tak berlaku lagi, karena semuanya sudah di serahkan pada KPPT.

 

Karo Organisasi dan Kepegawaian Setda Provinsi Sulut Drs Linda Watania, Msi menyebutkan, kegiatan ini merupakan kerjasama Pemprov Sulut dengan The Asia Foundation (TAF), Decentralisation Suport Fasility (DSF) dua lembasga ini sebagai sumber pembiayayaan dan Lembaga Pengembangan Tekonoligi Pedesaan (LPTP) Manado sebagai pelaksana program di daerah.

Watania menambahkan, 10 bidang dimaksud yakni Perhubungan, Perikanan dan kelautan, Kehutanan, Perekonomian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Energi dan Sumberdaya Mineral dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.(Kabag Humas Christian Sumampow, SH MSi selaku jubir pemprov sulut).    

    

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: