Kansil : Lokon Status Awas Masyarakat harus Waspada

Adanya peningkatan status dari kegiatan Gunung Lokon di Kota Tomohon  dari siaga (level III) menjadi awas (level IV ) yang terjadi pada pukul 10.00 wita tadi malam (kemarin),  menjadi perhatian serius dari Pemprov Sulut. Agar masyarakat yang bermukim di kaki gunung tersebut harus mewaspadainya dari kemungkinan yang tidak kita inginkan, hal itu ditegaskan Wakil Gubernur Sulut Drs Djouhari Kansil, MPd kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Senin (11/07).

Tadi malam sekitar pukul 10.00 wita (kemarin) Kepala Badan Geologi telah memberitahukan ke pemprov sulut terkait adanya perubahan peningkatan status gunung berapi lokon dari siaga menjadi awas, kami juga sudah beritahukan pada Pemkot Tomohon agar segera melakukan sosialisasi terkait perubahan status gunung ini, terutama bagi warga yang berada di kawasan rawan bencana II yaitu kearah timur dari pusat erupsi (dalam radius 3,5 km dari pusat erupsi kawah tompaluan), jelas Kansil.

Daerah- daerah dimaksud Kansil menyebutkan, yaitu Kelurahan Kinilow Lingkungan 1,2,3 dan 7, kinilow I lingkungan 5 dan Kelurahan Kakaskasen, ujarnya.

Untuk itu Kansil menghimbau agar warga tetap tenang, termasuk  wisatawan untuk sementara waktu tidak mendekati dan melakukan aktifitas dalam radius 3,5 km dari pusat kegiatan,  kita harus waspada terjadinya lahar pada aliran sungai yang berhulu dari puncak gunung lokon, termasuk kelurahan rawan bencana II agar mewaspadainya terjadi hujan batu, pasir dan kemungkinan dapat terkena lontaran batu.

Kansil menambahkan, pemerintah provinsi sampai saat ini terus melakukan koordinasi dengan Pemkot Tomohon dan juga dengan Pos pengamatan Gunug Lokon yang ada di Kaskasen termasuk dengan  BNPB yang saat ini sudah berada di daerah ini sekaligus membawah bantuan. (Kabag Humas Christian Sumampow, SH MEd selaku jubir pemprov sulut).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: