Wagub: Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Harus Di Reformasi

Wakil Gubernur Sulut,, Drs Djouhari Kansil, Mpd menyatakan reformasi birokrasi pelayanan terpadu satu pintu harus dilaksanakan sebaik mungkin, guna mamberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wagub saat membuka rapat koordinasi evaluasi pelayanan terpadu satu pintu, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di provinsi Sulut. Rapat yang diprakarsarai oleh Biro Organisasi Stdaprov Sulut digelar di Hotel Formosa Manado, Kamis (7/7).

“Reformasi birokrasi perijinan penting dilakukan untuk lebih memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhan dunia usaha, agar dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pendapatan asli daerah, tuntutan reformasi dan arus globalisasi juga memberikan peluang sekaligus tantangan bagi perbaikan kehidupan masyarakat, mendorong pemerintah untuk kembali memahami pentingnya perbaikan mutu pelayanan untuk memberikan iklim kondusif  bagi dunia usaha, juga untuk meningkatkan daya tarik arus investasi karena kredibilitas pelayanan yang baik, ” ujar Wagub.

Namun untuk mewujudkan itu, Wagub mengakui masih masih banyak yang harus dibenahi yakni pada realitas pelayanan publik yakni kurang responya pelayanan, mulai pada tingkat pelayanan awal sampai akhir, kurangnya informatif sehingga penyampaian lambat pada masyarakat, kurangnya koordinasi yang berakibat sering terjadi tumpang tindih atau pertentangan kebijakan antara satu instansi pelayanan dengan instansi lainnya. Birokrasi, yakni pelayanan yang terdiri dari beberapa level sehingga menyebabkan pelayanan yang terlalu lama, inefisien yakni adanya pungli, sogok dan lainnhya.

“Dalam konteks itu, maka diperlukan adanya berbagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, guna memaksimalkan pelayanan tersebut, pemerintah juga berusaha mengambil kebijakan serta terobosan strategis dan konstruktif.

Dengan diadakan rapat tersebut, Wagub mengharapkan dapat menghasilkan ide, pengalaman dan informasi guna memaksimalkan peran dan eksistensi pelayanan perijinan di Sulut. Hadir dalam rapat tersebut pejabat Kemenpan RI, Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sulut Dra Linda Watania, Msi,Kepala Biro Organisasi  Kabupaten/Kota se Sulut.(Kabag Humas CH Sumampow. SH.Med selaku Jubir Pemprov Sulut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: