Onibala: Penyelengaraan Pemerintahan Kabupaten/Kota Harus berkoordinasi Dengan Gubernur

Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan Provinsi Sulut, Drs Mecky M Onibala, Msi menyatakn seluruh penyelengaraan pemerintahan di Kabupaten/Kota harus tetap berkoordinasi dengan Gubernur.

Hal tersebut disampaikan Onibala saat membuka rapatfasilitasi kesekretariatan dekonsentrasi pelaksanaan tugas wewenang Gubernur sebagai wakil pemerintah di wilayah Provinsi dan rapat penatausahaan dan pengendalian penyelenggaraan urusan pemerintah diwilayah provinsi. Yang digelar di Hotel Swissbell Maleosan Manado,Rabu (6/7).

Rapat tersebut diikuti oleh perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Sulut. Hadir juga mendampingi Onibala, Kepala Biro Pemerintahan dan HUmas B Mononutu SH, Staf ahli Gubernur Bidang Pemeritahan dan Kesra Drs Max Raintung.

“Arah kebijakan Gubernur selaku wakil   pemerintah pusat di daerah mengacu pada tugas dan fungsi  Gubernur berdasarkan pasal  3 PP nomor 19 tahun 2010, tentang tata cara pelaksanaan tugas dan wewenang Gubernur dimana pemerintahan di Kabupaten kota harus tetap berkoordinasi dengan Gubernur,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, koordinasi pembinaan dan pengawasan pemerintahan diperlukan karena secara umum fungsi dan peran Gubernur dalam system pemerintah dan perencanaan pembangunan daerah memiliki tanggungjawab sebagai administrator, regulator, fasilitator dan coordinator dalam roda pemerintahan. Posisi Gubenur sendiri sangat strategis sebagai wakil pemerintah pusat, karena didukung kejelasan kewenangan melalui undang-undang.

Rapat tersebut juga merupakan bagian dari upaya pemanapan efektivitas pelaksanaan berbagai kegiatan dekonsentrasi, sekaligus meningkatkan koordinasi penatausahaan dan pengendalian penyelenggaraan urusa pemeritah di wilayah provinsi.

“Melalui kegiatan ini juga akan mendorong kinerja berbagai perangkat pencapaian melalui kebijakan berbagai perangat pencapaian melalui kebijakan dan program kerja yang telah dan akan dilaksanakan, sehingga roda pemerintahan dapat bergulir pada prppoisi dan rell yang sebenarnya,” papar Onibala.(Kabag Humas, CH Sumampow,SH.Med selaku Jubir Pemprov Sulut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: