Komitmen MTK Sarundajang Diakui Secara Nasional

Komitmen Membangun Tanpa Korupsi (MTK) yang selama ini digaungkan Gubernur Sulawesi Utara DR. S. H. Sarundajang terus dibuktikannya. Bahkan konsep ini mendapat pengakuan secara nasional. Buktinya, Rabu (6/7) kemarin Sarundajang berhasil tampil memukau di hadapan para Auditor BPK dan Akuntan seluruh Indonesia dalam acara Dialog Nasional Pengelolaan Keuangan Negara yang diprakarsai oleh BPKP dan Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Sektor Publik (IAI KASP).

Dengan mengangkat topik Siapkah Anda Masuk Penjara, Apabila Salah Mengelola Keuangan Negara?, Sarundajang menjadi panelis bersama Direktur Pengawasan Internal KPK Buntoro, Kasubdit di Bareskrim Polri Kombespol Karyoto, Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Prof. Dr. Eddy Mulyadi, Gubernur Bengkulu Agusrin Najamuddin, Direktur di Kejaksaan Agung Arnold Angkow, dan Aktivis ICW Emerson Yuntho. Masing-masing panelis ini diberikan kesempatan 5 menit untuk memaparkan pandangan dan pendapat mereka menyangkut pengelolaan keuangan Negara dewasa ini.

‘’Kami sudah memberi contoh maksimal kepada Kabupaten dan Kota dalam hal tata kelola keuangan Negara sehingga mendapat hasil audit Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),’’ tutur Sarundajang di depan para Auditor dan Akuntan dari seluruh Indonesia sebagaimana yang disampaikan staf khusus Gubernur Sulut bidang Investasi Jackson A. Kumaat yang mendampingi Sarundajang dalam acara tersebut di Jakarta.

Lanjut Kumaat menjelaskan, penyampaian materi Sarundajang mengenai tata kelola keuangan Negara ini mendapat apresiasi dari seluruh peserta dialog, bahkan diantara sesama panelis pun Sarundajang mendapat ancungan jempol, hal ini dikarenakan Sarundajang yang adalah mantan Irjen Kemendagri dinilai sebagai satu-satunya Gubernur di Indonesia yang tegas menggelorakan konsep membangun tanpa korupsi sekalipun dengan komitmen ini Sarundajang banyak dimusuhi para koruptor dan antek-anteknya. ‘’Sekali layar terkembang, surut kita berpantang,’’ tegas Sarundajang menanggapi tekad bulat dalam mendorong para penegak hukum dalam memberantas korupsi. (Jubir Pemprov Sulut, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: