Kansil : Muda Mudi Katolik Harus Menjadi Pelopor Perubahan dan Kerukunan

Seluruh kaum muda mudi Katolik diharapkan dapat menjadi pelopor perubahan dan pembaharuan, menghargai pluralisme, serta menjadi mitra pemerintah dalam menjaga persaudaraan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sulut, Drs Djouhari Kansil, MPd saat membuka kegiatan pertemuan berkala ke 18 Mudika Keuskupan Manado, yang digelar Kamis (30/6) di Paroki Yesus Gembala Yang Baik Paniki.

“Saya mengharapkan muda mudi Katolik dapat pro aktif untuk secara kritis memberikan pernyataan sikap, serius untuk menjaga persaudaraan, dapat juga memberikan saran atas berbagai persoalan bergereja, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Kansil.

Mantan Kadis Diknas Sulut ini menambhakan, dengan adanya pertemuan ini segenap komponen mudika Katolik akan semakin termotivasi dan berkomitmen untuk tampil terdepan dengan profesionalitas dan etos kerja yang tinggi menjadi tiang penyangga gereja sekaligus menjadi agen pembaharu baik segi moral, spiritual maupun dari segi peran dan kontribusinya bagi pembangunan di berbagai aspek kehidupan.

“Hal penting yang harus diwaspadai juga, dampak pegaulan negatif yang ditimbulkan mulai mengikis nilai-nilai norma dan sikap idealisme para kaum muda, akibatnya dosa mulai menjadi trend bagi kalangan muda mudi, seperti mabuk-mabukan, seks bebas, penggunaan obat terlarang, acuh pada lingkungan, tawuran serta tindakan anarkis. Hal ini harus menjadi perhatian dan disikapi dengan oleh Muda-mudi Katolik . Muda mudi Katolik memiliki taggung jawab moral untuk menangkal berbagai permasalahan tersebut dengan efek negatif yang dimunculkannya, dalam menjaga eksistensi gereja dan bangsa kedepan.” papar Kansil.

Dengan momentum ini juga diharapkan muda mudi Katolik memahami maksud tujuan panggilan Tuhan untuk melayani, terutama daam tantagan peluang di era globalisasi dan modernisasi agar tetap memiliki jati diri dan pola perilaku sesuai denga kehendak Tuhan. Pada kesempatan itu juga dilaksanakan misa Ekaristi yag dipimpin oleh Uskup Manado Mgr Josef Suwatan Msc, setelah itu dilaksanakan defile oleh seluruh peserta.(Kabag Humas. CH Sumampow, SH.M.Ed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: