5 Pengusaha Berlin Bakal Berinvestasi di Sulut

Gubernur Sulawesi Utara DR. S. H. Sarundajang terus melakukan terobosan dalam memajukan iklim investasi di Sulut. Berbagai peluang investasi berhasil ditangkap Ahli Administrasi Teritorial pada Institut Internasional Administrasi Publik Prancis ini. Selasa (28/6) lalu, Sarundajang beserta 5 Pengusaha Jerman mengadakan pertemuan di Gedung Pricewaterhouse Coopers AG, Berlin. Dalam pertemuan tersebut berhasil ditandatangani perjanjian kerjasama dalam bidang renewable energy, pariwisata, dan perdagangan.

Pertemuan yang difasilitasi oleh KBRI Berlin ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Duta Besar RI untuk Jerman DR. Eddy Pratomo dan staf KBRI di Sulut beberapa pekan lalu, dimana dalam pertemuan tersebut Gubernur diundang secara resmi oleh Duta Besar untuk mengadakan pertemuan dengan para Pengusaha di Berlin yang menurut Pratomo telah menyatakan kerinduan mereka untuk mengembangkan investasi di bumi Nyiur Melambai ini. Melalui presentasi potensi perdagangan dan kerjasama investasi di Sulawesi Utara, Sarundajang berhasil meyakinkan  Norbert Oefner, Christof Fleischmann, Dr Kristen Verbakel, Volker M. Dornblut, dan Josef Tarnadi tentang bagusnya peluang investasi di Sulut khususnya di sektor energi. ‘’Intinya, para Pengusaha Jerman ini telah bersedia untuk berinvestasi di Sulut, bahkan pada akhir 2011 ini mereka memutuskan untuk mengunjungi Sulut dan melihat secara langsung hal-hal yang layak untuk dikembangkan lebih lanjut,’’ ujar Juru Bicara Gubernur   Sulut C. H. Sumampow, SH, M.Ed sembari menambahkan bahwa dalam kunjungan tersebut Gubernur didampingi Staf Khusus Gubernur Bidang Investasi Jackson A. W. Kumaat, Staf Khusus Gubernur Bidang Komunikasi Freddy D. Lengkong,  Sekretaris Bidang Ekonomi KBRI Berlin Ani Nigeriawati, dan Penjabat Atase Perdagangan KBRI Berlin Rachy Rachmat.

Lanjut Sumampow menjelaskan, pada prinsipnya pertemuan kerja kali ini terbilang berhasil, hal ini ditandai dengan telah ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara Gubernur Sulut dengan kelima Pengusaha Berlin tersebut. Dan dalam waktu dekat ini para Pengusaha tersebut akan datang ke Sulut untuk sesegera menindaklanjuti perjanjian yang dimaksud. Bahkan setelah mendengar presentasi singkat dari para Pengusaha Berlin, dimana dalam presentasi tersebut mereka menceritakan pengalaman bisnis teknologi untuk pengembangan sumber energy terbaru (biomassa, biogas, bio-etanol, dll) yang telah berhasil mereka kembangkan di Negara Asia, Gubernur berharap agar perjanjian yang sudah ditandatangani bisa sesegera mungkin ditindaklanjuti.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan acara Ramah Tamah dengan pihak KBRI Berlin yang dilaksanakan di Aula KBRI Berlin. Gubernur disambut dengan hangat oleh Duta Besar RI untuk Jerman DR. Eddy Pratomo dan staf KBRI beserta keluarga. Dalam acara ramah tamah tersebut disuguhi musik kolintang oleh Dharma wanita persatuan KBRI Berlin dan kelompok kolintang Minaesa. Menariknya, Kolintang tersebut merupakan sumbangan Pemprov Sulut. ‘’Sebelum menuju Jerman, pada Jumat (24/6) sebelumnya, Gubernur menghadiri 37th session of the FAO Conference di Roma, Italy mendampingi Menko Kesra,’’ ujar Sumampow. (Jubir Pemprov Sulut, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: