Wakil Gubernur: Modoinding diarahkan menjadi Kawasan Agropolitan

Hamparan tanah di perbukitan yang dihiasi tanaman sayur mayur, bawang, kentang dan lain-lain menjadi ciri khas Modoinding yang saat ini sangat terkenal sebagai slah satu sentra produksi sayuran dan tanaman holtikultura lainnya. Produksi tanaman holtikultura dari Modoinding selama ini memasok pasar sayuran di Manado dan kabupaten/Kota lainnya di Sulawesi Utara bahkan sampai ke Provinsi tetangga seperti Gorontalo, Maluku dan Maluku Utara.

Kekayaan alam yang menjadi anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa bagi masyarakat Modoinding selalu disyukuri dalam bentuk kehidupan religius yang cukup kental di daerah ini. Salah satu Desa di Kecamatan Modoinding adalah Desa Kakenturan dimana terdapat Gereja Masehi Injili Di Minahasa Jemaat Kakenturan. Jemaat ini berdiri 78 tahun yang lalu dan saat ini terdiri dari 6 kolom dengan 124 KK dan 426 jiwa anggota Jemaat. HUT ke 78 GMIM Jemaat Eben Haezar Kakenturan Wilayah Modoinding ini ditandai dengan berbagai kegiatan Kesenian dan Olahraga dan Puncaknya dilaksanakan Ibadah Syukur yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Djouhari Kansil, M.Pd. Turut dalam Rombongan Wagub, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Sulut Ir. Herry Rotinsulu, M.Si, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir. Joy Korah, M.Si, Kepala Dinas Tanaga Kerja dan Transmigrasi Boyke Rompas SH.M.Si dan Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Setdaprov Sulut Dra. Lynda Wantania, MM. Bersama dengan seluruh Jemaat dan jajaran Pemkab Minsel dibawah pimpinan Wakil Bupati Drs. Sonny Tandaju, Wagub dan Rombongan dengan hikmat mengikuti  Ibadah Syukur yang dipimpin  oleh Pdt Johny Tonggengbio, STh, mantan Sekretaris Komisi Pemuda Sinode GMIM yang pernah bertugas di Jemaat ini.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur mengatakan Jemaat Eben Haezar Kakenturan adalah salah satu jemaat yang sudah cukup dewasa dalam perkembangannya tentunya telah melalui berbagai dinamika yang telah membentuk Jemaat ini menjadi semakin tumbuh dan berkembang dalam memberikan pelayanan kepada Jemaat dan masyarakat. Menurut Wagub, Gereja saat ini tidak boleh hanya mengedepankan pelayanan spiritual Jemaat, meskipun hal tersebut adalah fokus utama pelayanan gereja, tetapi juga harus terbuka untuk melakukan pelayanan dari aspek pengembangan kehidupan ekonomi dan intelektual Jemaat. Untuk dapat melakukan hal tersebut, Gereja harus memiliki Program Pembinaan anggotanya sesuai dengan kategorial masing-masing (Lansia, Kaum Bapak, Kaum Ibi, Pemuda, Remaja dan Anak Sekolah Minggu) yang disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing serta dirancang untuk membentuk warga gereja yang dapat eksis ditengah perkembangan kehidupan modern saat ini. Khusus untuk Pemuda, Remaja dan Anak Sekolah Minggu, Gereja juga harus mengambil peran dalam menyediakan sarana pendidikan bagi mereka. Apa Gunanya bangunan gereja yang megah kalau ternyata moralitas generasi muda di jemaat tersebut tidak baik, ini semua menjadi tantangan seluruh Jemaat GMIM Kakenturan disaat memasuki usia 78 tahun. Pada bagian lain Wakil Gubernur menyatakan bahwa Potensi Kekayaan alam yang dimiliki oleh Jemaat-jemaat di Wilayah Modoinding harus terus diolah dan dikembangkan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan jemaat dan masyarakat. Daerah Modoinding ke depan harus dapat dikembangkan menjadi kawasan Agropolitan dan Agrowisata yang menjadi andalan Kabupaten Minahasa Selatan dan Provinsi Sulawesi Utara. Wagub juga meminta masyarakat modoinding untuk mensukseskan ivent-ivent nasional maupun internasional yang akan digelar di Sulut. Akan banyak tamu-tamu yang datang ke Manado dan menginap di Hotel atau homestay dan mereka akan sangat memerlukan produk sayuran dari Modoinding. Melalui kegiatan-kegiatan ini ekonomi masyarakat Sulut akan terstimulir termasuk para petani sayur di Modoinding, demikian Wagub (Kepala Bagian Humas Setdaprov Sulut Ch. Sumampow, Sh.M.Ed selaku Jubir Pemprov)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: