SHS : Pengangkatan Plt Terlalu Lama Langgar Aturan

Seringnya pemerintah kabupaten/kota mengangkat pejabat dengan status pelaksana tugas (Plt) terlalu lama, apalagi masa jabatannya sudah tahunan belum juga didefinitifkan, mendapat warning dari Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang.

Pernyataan tegas dari orang nomor satu di sulut itu dikemukakannya saat melantik Kepala Kantor Regional XI BKN RI yang baru di ruang Huyula Kantor Gubernur, Senin (13/06) pekan lalu.

Saya tidak setuju apabila pengangkatan Plt di kabupaten/kota itu terlalu lama, karena kebijakan tersebut melanggar aturan kepegawaian. ”Mestinya pengangkatan Plt hanya dalam waktu singkat, minimal satu tahun”, ujarnya.

Namun yang terjadi sebaliknya sudah melebihi satu tahun menjabat, yang bersangkutan masih berstatus Plt. Ini tentunya tidak baik selain melanggar aturan juga menutupi peningkatan karier dari seorang birokrat.

Ini menjadi perhatian para Sekda kabupaten/kota. ”Saudara adalah pelaksanaan UU dan merupakan pejabat karier, mempunyai tugas dan kewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan hendaknya berani menyampaikan aturan yang benar kepada kepala daerahnya”, tandas Sarundajang.

Menurut Sarundajang, aturan main menyangkut pengangkatan Plt sesungguhnya sudah jelas yakni SK Mendagri No. 800/1989/SJ khususnya pengangkatan Plt Sekda kabupaten/kota tanggal 31 Mei 2005 selanjutnya pergub No. 34/2010 tanggal 3 Nopember 2010 tentang tata naskah dinas dilingkup pemprov sulut Bab IV pasal 17 menyangkut Plt merupakan pejabat sementara pada jabatan tertentu. (Kabag Humas Christian Sumampow, SH MEd selaku jubir pemprov sulut).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: