DPRD Kalsel Pelajari Pengelolaan Aset di Sulut

Keberhasilan Provinsi Sulawesi Utara mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan meraih penghargaan Kinerja Pemerintahan terbaik banyak menarik minat daerah lainnya untuk melakukan studi banding ke daerah ini. Hari ini Pemerintah provinsi Sulawesi Utara menerima kunjungan kerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang dipimpin oleh Asisten 3 Pemprov Kalsel Drs. H. Muhammad Ruslie, M.Si dan sepuluh orang anggota Komisi I DPRD Kalsel yang dipimpin oleh Saffarudin, SH.MH yang berkunjung ke daerah ini dalam rangka mempelajari mekanisme pengelolaan aset pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Tim ini diterima oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Asisten Bidang Adminstrasi Umum Sekdaprov Sulut Aseano Gemmy Kawatu, SE.M.Si bersama para pejabat dari Biro Keuangan, Biro Umum, Biro Organisasi dan Kepegawaian, BKD dan BiroPemerintahan dan Humas, bertempat di Ruang Mapaluse Kantor Gubernur Sulut.
Ketua Tim Komisi I DPRD Kalsel dalam pengantarnya mengatakan kunjungan tim Pemprov Kalsel dan Komisi I DPRD Kalsel ke Sulawesi Utara adalah dalam rangka mempelajari kiat-kiat pengelolaan keuangan dan aset serta urusan umum yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Dipilihnya Provinsi Sulawesi Utara sebagai sasaran kunjungan adalah karena keberhasilan Provinsi Sulut dalam memperoleh opini WTP yang didalamnya antara lain menyangkut pengelolaan aset dan keuangan. Pemprov Kalsel juga saat ini sedang mempersiapkan pembentukan badan baru yang akan bertanggungjawab untuk pengelolaan keuangan dan aset, oleh karena itu diperlukan kajian dari hasil perbandingan penyelenggaraan hal-hal tersebut di Provinsi lain.
Asisten Administrasi Umum Sekdaprov Sulut AG. Kawatu, SE.M.Si pada kesempatan ini membacakan Sambutan tertulis Gubernur DR. S.H. Sarundajang yang diawali dengan informasi secara umum tentang Provinsi Sulawesi Utara termasuk segala keberhasilan yang telah dicapai dan kegiatan-kegiatan yang sedang dan akan berlangsung di Provinsi Sulut. Gubernur juga menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Sulut menjadi sasaran kunjungan. Disamping membacakan sambutan Gubernur, dalam hal pengelolaan aset dan keuangan Asisten Administrasi Umum mengatakan bahwa saat ini juga Pemprov Sulut bersama DPRD sedang membahas Ranperda yang akan merevitalisasi tupoksi Biro Keuangan dan Aset dengan meningkatkan statusnya menjadi Badan Pengelola Keuangan dengan Kepala Badan Pejabat Eselon 2A. Khusus untuk bagian Aset juga akan dibentuk Biro Perlengkapan dan aset dengan kepala pejabat setingkat Eselon 2B. Hal ini masih sedang dalam pembahasan, demikian Asisten Administrasi Umum. Ditambahkan beliau, semua kiat yang dilakukan yang paling penting adalah komitmen untuk melaksanakan segala urusan pemerintahan termasuk pengelolaan aset dan keuangan yang sejak awal sudah dibangun dan dicanangkan oleh Gubernur DR. S.H. Sarundajang untuk Membangun Tanpa Korupsi. Komitmen ini benar-benar dilakukan dan diimplementasikan dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan termasuk pengelolaan aset dan keuangan. Hubungan kerja dengan Pihak Legislatif juga senantiasa dijaga dengan baik sehingga setiap permasalahan dapat diselesaikan bersama sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku. Asisten administrasi umum juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaan pengawasan, Wakil Gubernur diserahi tanggungjawab penuh untuk melakukan hal tersebut. Berkaitan dengan itu pada setiap hari Jumat, Wagub bersama Inspektorat melaksanakan “Jumpa Bete” (Jumat Pagi Bersih Temuan) dengan mengumpulkan SKPD yang menemui permasalahan dalam pengelolaan keuangan untuk dicarikan jalan keluar bersama sesuai dengan ketentuan. Hal ini sangat menarik bagi Tim Komisi I DPRD Kalsel dan Tim Asisten 3 Pemprov Kalsel. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH.M.Ed selaku Jubir Pemprov)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: