Gubernur : Jalur Lobong akan dicarikan Jalur alternatif

Untuk mengatasi Jalur jalan di Desa Lobong harus dicarikan jalur alternatif yang bebas longsor. Jalur Lobong tersebut memang tidak memungkinkan untuk dipertahankan karena struktur tanahnya yang sangat labil dan dapat saja terjadi longsor setiap saat. Untuk penanganan darurat saat ini Pemprov melalui Dinas PU sedang bekerja membuka Terase/jalur baru disamping kiri jalur yang sering longsor tersebut. Diharapkan dalam satu atau dua hari ini terase baru tersebut sudah bisa dilewati kendaraan.
Gubernur Sulawesi Utara DR. S.H. Sarundajang dalam Rapat Muspida yang hari ini berlangsung di Ruang Kerja Gubernur mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi melalui Dinas PU telah mempersiapkan Studi Kelayakan dengan dua alternatif yaitu dengan membuka jalur baru mulai dari 200 m sebelum jalur lobong dengan mengambil rute perbukitan di samping kiri atau membangun jembatan. Dua alternatif ini telah disampaikan kepada pemerintah Pusat melalui Kementerian PU dan telah mendapatkan persetujuan. Langkah selanjutnya tentunya akan dikaji alternatif mana yang paling efektif dan efisien.
Untuk saat ini Pemerintah Provinsi bekerjasama dengan Pemkab Bolmong terus memacu Terase/Jalur baru di sisi kiri jalan tersebut agar lalulintas kendaraan dapat segera normal kembali. Tidak tertutup kemungkinan jalur terase kiri yang sedang dikerjakan oleh Dinas PU Provinsi ini apabila ternyata layak dapat menjadi alternatif untuk jalur baru pengganti jalur Lobong yang sering longsong tersebut. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH.M.Ed selaku Jubir Pemprov).

%d bloggers like this: