Kemiskinan Di Sulut Menakutkan

Sekretaris Provinsi Sulut Ir. Siswa R Mokodongn menegaskan, permasalahan kemiskinan di indonesia termasuk sulut telah menjadi prioritas pembangunan, dan urgen untuk disolusikan secara bersama  baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Kegiatan yang di gelar Bappeda Sulut di ruang Mapaluse Kantor Gubernur itu di ikuti pimpinan SKPD Provinsi dan Kabupaten/kota se- Sulut ini ditegaskannya,  ”kemiskinan saat ini dianggap telah menjadi hal yang menakutkan bagi eksistensi bangsa, termasuk kita yang berdiam di sulut”.

 Penegasan Mokodongan tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Gammy Kawatu, SE MSi saat membuka Rakor Pembahasan Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Rencana Aksi Daerah Sulut Untuk Pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) di ruang rapat Mapaluse, Selasa (31/05).

Ketakutan itu lebih disebabkan belum terpenuhinya hak-hak dasar rakyat miskin seperti pangan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, tanah, SDA, air bersih, sanitasi serta rasa aman, jelas Mokodongan.

Langkah antisipasinya, pemprov sulut telah mengambil kebijakan strategis al: penyediaan kebutuhan pangan, layanan kesehatan dan pendidikan, perluasan kesempatan kerja, pertanian dan pemberian dana bergulir dan program lainnya, katanya.

 Mokodongan mengakui, langkah yang ditempuh itu, ternyata terbukti ampuh dimana terjadi peningkatan PDRB perkapita dari Rp.12,61 juta pada tahun 2008, meningkat menjadi Rp.14,38 juta ditahun 2009 dan terus meningkat secara drastis menjadi Rp.16,26 juta di tahun 2010. Begitu halnya angka pengangguran terjadi penurunan dapat diketakn dari 12,35 % tahun 2008 menjadi 9,10% tahun 2010, sedangkan angka kemiskinan bergerak turun satu poin dari 10,10 % pada tahun 2008 menjadi menjadi 9,10 % tahun 2010.

Ia tambahkan, sektor terbesar penyedia lapangan kerja berasal dari pertanian, perikanan dan kehutanan, dengan peyerapan tenaga kerja sebanyak 357,558 jiwa.(Kabag humas Christian Sumampow, SH MEd).  

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: