Dinilai Visioner, Inovatif dan Responsif, SHS Terima MIPI Awards 2011

Sabtu (28/5) kemarin, bertempat di Ballroom Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) menganugerahkan MIPI Awards 2011 kepada Gubernur Sulawesi Utara DR. S. H. Sarundajang untuk kriteria Praktisi Pemerintahan. Menurut Ketua Umum MIPI fauzi Bowo, MIPI Awards 2011 ini diberikan setelah para tim penilai yang terdiri dari Prof. DR. Ramlan Subekti, Chusnul Mar’iyah, Ph.D, Arbi Sanit, Miftha Toha, dan Prof. Muchlis Hamdi secara subjektif dan rasional melakukan pengamatan, peninjauan, penilaian kepada mereka yang berkedudukan sebagai pemimpin pemerintahan di semua tingkatan pemerintahan.

Lanjut menurut Bowo, Sarundajang dinilai memiliki kepemimpinan pemerintahan yang visioner, inovatif, responsif, memiliki integritas dan menjalankan amanah konsisten bjaksana. Selain itu, kinerja pemerintahan yang dijalankan putra Kawangkoan ini dinilai baik, hal ini dibuktikan dengan kemampuan Sarundajang membawa Sulut sebagai satu-satunya Provinsi yang mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK dan penetapan sebagai provinsi terbaik se Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan (LPPD). ‘’Pak Sarundajang telah memasuki masa jabatan priode kedua. Dalam kepemimpinannya di Sulut terjadi peningkatan indeks pembangunan manusia. Selain itu, berdasarkan laporan dari tim penilai, beliau (Sarundajang) mampu menciptakan kinerja birokrasi yang efektif dan efesien di Sulut,’’ jelas Bowo yang langsung diiyakan Ketua tim penilai MIPI Awards 2011 Prof. DR. Ramlan Subekti.

Sementara itu, Sarundajang dalam sambutannya dihadapan seluruh peserta yang hadir dalam acara MIPI Awards memberikan apresiasi yang tinggi untuk MIPI yang terus membicarakan tentang struktur, culture dan prosedur pemerintahan. MIPI dinilai terus menunjukkan kepedulian dan komitmen dengan pemecahan terhadap masalah-masalah pemerintahan diIndonesia. ‘’Pekerjaan pemerintahan adalah pekerjaan yang paling sulit dilakukan, tapi anehnya semua orang senang memerintah,’’ ujar peraih Bintang Maha Putra Utama dari Presiden ini. Atas dasar itu, Sarundajang mengajak untuk terus menciptakan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik demi penyempurnaan regulasi pemerintahan dan politik diIndonesia. ‘’Sistem apapun yang dianut, yang paling penting pelaksanaannya. Untuk itu kita perlu kerja keras dalam mengkaji dan membahas guna penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan,’’ tukas Ketua AIPI ini.

Pemberian MIPI Awards 2011 ini sudah yang kelima kalinya, dan dibagi dalam 3 unsur dalam masyarakat ilmu pemerintahan yakni Ilmuwan Pemerintahan yang diberikan kepada Prof. Sofyan Effendi, MPA, PhD, unsur Pemerhati/peminat terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang baik dianugerahkan kepada Prof. Ahmad Syafii Maarif, MA, PhD, dan unsur Praktisi Pemerintahan yang diberikan kepada DR. S.H. Sarundajang, Ir. Joko Widodo, Drs. H. Suyanto, MMA, dan Drs. David Bobihoe kib, M.Sc. (Jubir Pemprov Sulut, C.H. Sumampow, SH, M.Ed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: