Pemprov Sulsel Kaji Banding Pengelolaan Aset di Sulut

Predikat Wajar Tanpa Pengecualian Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus mendapat pengakuan dari berbagai pihak. Bahkan ada beberapa Provinsi yang melakukan kaji banding langsung ke Pemprov Sulut mengenai hal tersebut. Seperti yang dilakukan Pemprov Sulawesi Selatan, Jumat (20/05) kemarin. Diterima langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Umum A. G. Kawatu, SE, M.Si, rombongan yang terdiri dari aparatur Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), serta PNS Biro Pengelolaan Aset Daerah Setda Pemprov Sulsel, khusus memfokuskan pada hal-hal yang dilakukan Pemprov Sulut sehingga menerima predikat WTP.
Menurut Kawatu, pada prinsipnya Pemprov Sulut berupaya keras dalam mewujudkan predikat WTP tersebut. Beberapa upaya yang dilakukan antara lain membangun komitmen Kepala Daerah dengan DPRD, mengoptimalisasi fungsi pengelolaan keuangan, contohnya desentralisasi pengelolaan keuangan difokuskan ke SKPD yang tadinya terkonsentrasi di Biro Keuangan Setda. Selain itu juga melakukan pembenahan sistem yang disempurnakan sesuai dengan kebutuhan SKPD secara komprehensif. ’’Dan yang utama tentu terus melakukan peningkatan SDM melalui diklat-diklat teknis, bimbingan teknis, dan kerjasama dengan sekolah tinggi akuntansi negara,’’ jelas Kawatu.
Lanjut Kawatu menjelaskan, Pemprov Sulut terus berupaya mengendalikan stabilitas keamanan, dimana harmonisasi kehidupan masyarakat ditengah-tengah pluralitas telah memposisikan Sulut sebagai salah satu daerah yang teraman di Indonesia, meskipun kondisi Sulut sangat majemuk, baik dari sisi etnis, religi, budaya dan adat istiadat. ’Realitas keberagaman ini disyukuri sebagai anugerah, sehingga masyarakat senantiasa hidup rukun. Dengan demikian, Pemprov dapat semakin fokus pada masalah-masalah pemerintahan,’’ tambah Kawatu. (Jubir Pemprov Sulut, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: