pembatasan pembelian BBM, saran Pemprov ke Pertamina

Surat yang dikeluarkan pemprov tanggal 10 mei nomor541/1101/sekr adalah surat yang ditujukan kepada pertamina yang intinya meminta kepada pertmina untuk menangani permasalahan kelangkaan BBM khususnya premium dan solar.

Jadi bukan surat edaran dan tidak ditujukan langsung ke SPBU sebab wewenang pengaturan distribusi BBM di lapangan ada pada pertamina. Dalam surat tersebut pemprov meminta perhatian pertamina untuk mengambil langkah mengatasi permasalahan kelangkaan BBM khususnya premium dan solar. Pemprov menyarankan Pertamina dapat menerapkan pembagian pengisian BBM khususnya premium dan solar paling tinggi 30 liter untuk kendaraan umum dan 20 liter untuk mobil dinas dan pribadi.

Hal ini dimaksudkan agar jatah BBM yang tersedia di spbu dapat dinikmati oleh lebih banyak masyarakat pemilik kendaraan. Dan diharapkan tidak lagi terjadi antrean di SPBU.

Jadi sekali lagi surat tersebut ditujukan kepada pertamina bukan edaran yg disampaikan langsung ke SPBU. Dalam surat tersebut, Pemprov juga meminta pertamina menyurati SPBU=SPBU untuk sosialisasi hal tersebut.

Langkah yang diambil Pemprov dengan menyurati Pertamina tersebut telah dilaporkan kepada pemerintah Pusat dan Pemerintah pusatpun memuji langkah yang diambil pemprov, karena kalau sudah menyangkut kepentingan rakyat Sulut dan sudah menimbulkan masalah antara lain kemacetan dan kesulitan mendapatkan BBM pemprov punya otoritas untuk meminta pertamina melakukan langkah mengatasinya.

Pemprov tentunya akan memantau perkembangan di lapangan apabila masih terjadi penumpukan kendaraan dan kesulitan mendapatkan BBM pihak pertamina akan dipanggil lagi untuk dimintai keterangan.

Pemprov juga meminta masyarakt untuk medukung program penggunaan BBM non subsidi bagi masyarakat konsumen BBM yang dikategorikan cukup dan mampu agar BBM bersubsidi benar-benar dinikmati oleh yang berhak.

Pemantauan Pemprov pertamina telah mengirimkan surat kepada SPBU tentang hal itu, dan pihak SPBU telah menerapkan kebijakan tersebut. Diharapkan dalam waktu dekat ini antrian panjang di SPBU=SPBU sudah dapat diatasi. (Kabag Humas, CH Sumampow, SH.MEd)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: