Wagub Apel Kendaraan Dinas

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus melakukan penertiban aset termasuk penertiban kendaraan dinas baik roda empat maupun roda dua yang tersebar di SKPD-SKPD lingkup pemprov Sulut. Penertiban ini dimaksudkan agar seluruh aset kendaraan bermotor tercatat secara jelas pada daftar aset di Biro Keuangan dan Aset Setdaprov Sulut. Lebih jauh lagi agar kendaraan-kendaraan dinas ini benar-benar digunakan sesuai dengan maksud pengadaannya serta jelas siapa yang menggunakannya. “PNS yang menggunakan kendaraan dinas ini harus memperlakukan kendis tersebut seperti milik sendiri. Dengan demikian kalau ada kerusakan yang skalanya kecil bisa langsung ditangani dan diperbaiki supaya tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah”, demikian dikatakan Wakil Gubernur ketika melakukan pemeriksaan kendaraan dinas roda empat dan roda dua di Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara, serta Badan Pengelola Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Wagub yang didampingi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Sulut Gemmy Kawatu, SE.M.Si dan Kepala Biro Keuangan dan Aset Setdaprov Sulut Praseno Hadi, SE,MM memeriksa satu persatu kendaraan dinas yang terparkir di halaman belakang kantor Gubernur Sulut. Dari bodi luar kendaraan sampai mesin dan kondisi bagian dalam kendaraan mendapatkan perhatian seksama dari Wakil Gubernur. Bahkan kendaraan yang kelihatannya jarang dicuci langsung ditegur oleh Wagub dan diminta untuk dicuci secara berkala. Semua surat-surat kendaraan juga dicek oleh Wagub dan setiap sopir diperiksa SIM-nya. Selain itu secara khusus Wagub menginstruksikan kepada setiap SKPD agar memasukkan daftar nama kendaraan dan pemegangnya yang disertai pernyataan untuk merawat kendaraan dinas tersebut selama digunakan oleh yang bersangkutan.

Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sulut A.G. Kawatu, SE, M.Si mengatakan bahwa Apel Kendaraan Dinas lingkup Pemprov ini akan dilakukan sepanjang 2 bulan ini. Hal ini dilakukan untuk penertiban semua aset kendaraan dinas dan untuk menata kembali penggunaannya agar benar-benar digunakan untuk kepentingan dinas. “Dalam waktu dekat ini, sesuai dengan petunjuk Wakil Gubernur, para sopir yang mengendarai kendaraan dinas ini akan dikumpulkan untuk diberikan pembekalan tentang cara mengemudi yang baik, termasuk cara merawat kendaraan yang baik. Kegiatan ini nantinya akan melibatkan POLDA Sulut, Dinas Perhubungan dan Teknisi Kendaraan Bermotor untuk memberikan petunjuk-petunjuk praktis bagi para pengemudi yang sehari-hari mengemudikan kendaraan ini”, Demikian dikatakan Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Sulut.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan masih ditemui ada kendaraan dinas yang pemilikannya masih tercatat pada SKPD pemegang sebelumnya dan belum dilakukan serah terima kepada pengguna yang sekarang. Selain itu terdapat 1 unit kendaraan juga yang masih tercatat sebagai aset Kementerian Teknis di Pusat. Untuk itu Wakil Gubernur menginstruksikan untuk segera dilakukan serah-terima antar SKPD pengguna sebelumnya dan pengguna yang sekarang, dan untuk kendaraan yang masih tercatat menjadi aset kementerian, wagub menginstruksikan SKPD yang bersangkutan untuk segera mengirimkan surat permohonan untuk pengalihan aset ke Pemprov. (Bagian Humas Biro Pemrintahan dan Humas Sertdaprov Sulut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: