Mendagri Berkomitmen Majukan Pulau Miangas

Selain istilah dari Sabang sampai Merauke, juga terkenal dengan sebutan dari Miangas sampai pulau Route. Bahkan, presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kerap memakai sebutan ini dalam sambutan-sambutan kenegaraannya. Atas alasan itulah, Menteri dalam negeri Gamawan Fawzi mengadakan kunjungan kerja (kunker) ke pulau Miangas Kabupaten Talaud.

Tak tanggung-tanggung, dalam kunker yang berlangsung selama 3 hari (7-9/5) tersebut, Mendagri memboyong hampir seluruh pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemendagri. ‘’Sabang, Merauke, dan pulau Route telah saya kunjungi. Hari ini saya menginjakkan kaki di pulau Miangas, maka lengkaplah saya sebagai Mendagri,’’ ujar Fawzi ketika pertama kali menginjakkan kaki di beranda utara tersebut.

Kunjungan kerja Mendagri selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan rombongan ke pulau Miangas ini terbilang sukses. Selain dalam kapasitas kunker dan mengadakan rapat penajaman rencana aksi pengelolaan potensi kawasan perbatasan laut, Mendagri juga memberikan sejumlah bantuan di Kecamatan Melonguane, Karatung, dan Miangas. Seperti halnya di Melonguane, setelah meresmikan beberapa proyek dan memusnahkan minuman keras hasil operasi kepolisian Talaud, Mendagri menyerahkan bantuan untuk Polres Talaud berupa 3 unit sepeda motor dan 1 buah genset, juga bantuan beras, MP Asi, dan obat-obatan untuk masyarakat yang ada di Melonguane, Karatung, dan Miangas.

‘’Kawasan perbatasan merupakan wilayah terdepan yang masih menghadapi permasalahan kompleks. Keterbatasan infrastruktur, aksesbilitas transportasi dan komunikasi merupakan alasan utama kenapa pemerintah perlu menaruh perhatian lebih khusus untuk wilayah perbatasan,’’ tegas Mendagri yang langsung diiyakan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Djouhari Kansil, M.Pd yang sejak awal mendampingi Mendagri dalam kunker kali ini.

Selaku Mendagri pertama yang menginjakkan kaki di Miangas, Fawzi mengaku bangga dan sangat senang dengan kunker tersebut. Hal ini nampak dari beberapa kali Fawzi mengadakan dialog langsung dengan sejumlah warga, bahkan mengajak beberapa anak sekolah dasar (SD) berhitung. ‘’Saya sangat senang dengan sambutan warga di Miangas. Keramahan yang ditunjukkan akan saya ceritakan ke teman-teman menteri lainnya, agar mereka juga tergerak untuk berkunjung ke sini,’’ aku Fawzi.

Selain memberikan bantuan, di Miangas Mendagri juga mengadakan peletakan batu pertama pembangunan Talud dan proyek air bersih, pemasangan prasasti dan peresmian tanki BBM, peresmian gedung pertemuan, penyerahan bantuan PNPM kepada pokmas yang diterima langsung oleh camat Miangas dengan total bantuan 2,7 miliar, dan penyerahan akte kelahiran. Selain itu, Mendagri juga melakukan dialog dengan warga Miangas yang antara lain mempertanyakan mengenai kejelasan pembebasan lahan bandara Miangas yang direncanakan akan mulai dibangun awal 2012 mendatang. Salah satu perwakilan mempertanyakan apalah tidak ada bantuan pusat untuk pembebasan lahan tersebut, karena pada prinsipnya, ide rencana pembangunan bandara Miangas pertama kali diusulkan oleh Presiden SBY. Menanggapi pertanyaan tersebut, Mendagri mengatakan akan meneruskan aspirasi tersebut ke departemen terkait. ‘’Saya akan koordinasikan dengan menteri perhubungan,’’ ujarnya.

Sementara itu, Wagub Djouhari Kansil mengaku puas dan senang dengan kunjungan Mendagri tersebut. Wagub yang juga memboyong beberapa pejabat eselon II, III, dan IV Pemprv Sulut untuk mendampingi Mendagri berkunjung ke Miangas, menyampaikan rasa terima kasih dan bangga atas kunjungan kali ini. ‘’Pak Fawzi merupakan Mendagri pertama yang menginjakkan kaki di Miangas. Diharapkan dengan kunjungan ini akan semakin lebih perhatian pemerintah pusat untuk pulau Miangas sebagai beranda utara Indonesia,’’ jelas Kansil. (Jubir Pemprov Sulut, C. H. Sumampow, SH, M.Ed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: