Muhaimin: Pengusaha mampu Lindungi Pekerja

Untuk menjawab tantangan perbaikan ketenagakerjaan di Indonesia saat ini sesuai survei BPS menunjukan adanya jumlah angkatan kerja yang bekerja dari pebruari 2010 hingga agustus 2010 sebesar 802,195 orang sehingga jumlah pengangguran turun dari 8,59 juta menjadi 8,3 juta dengan tingkat partisipasi angkatan kerja sebesar 67,72%.

Hal itu dikatakan Menakertrans Muhaimin Iskandar, di manado, selasa (3/05) ketika membuka forum hubungan industrial dan forum komunikasi bidang P2MKT wilayah sulawesi dan intim.

Kegiatan yang akan berlangsung dua hari itu, menurut Iskandar untuk menyikapi dampak sosial dan ketenagakerjaan terhadap krisis global saat dewasa ini, Kemenakertrans telah mengambil langkah-langkah antisipatif produktif dengan unsur tripartit yakni pemerintah, pengusahan dan unsur pekerja/buruh telah melakukan penandatanganan dokumen pakta lapangan kerjaindonesia (PLKI). Hal itu dilakukan pada 13 april 2011 hal itu sebagai tindak lanjut dari global job pact yang diadopsi oleh konferensi ketenagakerjaan internasional pada juni 2009, ujarnya.

Sementara menyangkut hubungan industrial, Muhaimin menambahkan kuncinya para pengusaha harus mampu melindungi setiap pekerja yang ada. ”Artinya para pengusaha harus mampu melindungi para pekerjanya dengan jaminan sosial tenaga kerja”. Karena jaminan sosial sangat diperlukan guna melindungi pekerja/buruh dari resiko dalam melaksanakan pekerjaan termasuk resiko sosial, tegasnya.

Wagub Sulut Drs Djouhari Kansil, MPd menyambut baik kegiatan tersebut dilaksanakan di kota manado. Kiranya ditahun-tahun mendatang kegiatan dari Kemenakertrans juga dilaksanakan di manado, sebab daerah ini sangat aman dan nyaman serta indah, ujarnya.

Kadis Nakertrans Provinsi Sulut Boyke H. Rompas SH mengatakan, ada lima kegiatan yang dilaksanakan Kemenakertras di sulut selama tiga hari ini yakni selain forum hubungan industrial dan forum komunikasi bidang P2MKT juga ada sosialisasi peraturan perundanguundangan bidang jamsostek, TOT pembuatan perjanjian kerjasama (PKB), pertemuan serikat pekerja/buruh dan APINDO di daerah padat industri dan sosialisasi penyelesaian perselisihan hubungan industrial secara tripartit.

Dalam kesempatan itu Muhamin Iskandar juga telah menyerahkan bantuan dari PT jamsostek berupa kartu jam sostek (KPJ), penyerahan bantuan jaminan hari tua (JHT) usia 55 tahun untuk satu orang sebesar Rp. 84 juta, penyerahan bea siswa kepada empat orang siswa dan mahasiswa SD dan SMP masing-masing Rp. 1,8 juta siswa SMA dan Mahasiswa masing-masing Rp. 2,4 juta dan penyerahan mitra binaan untuk 2 mitra masing-masing Rp. 25 juta.

Usai membuka acara tersebut Menakertrans bersama Wagub didampingi Dirjen P2MKTDrs Djoko Sidik Pramono, MM, Dirjen PHI dan Jamsostek Mira M Manarfani, SH.MA, Direktur Utama PT. Jamsostek Hot Bonar Sinaga menuju PT. Multi Nabati dan PT. Delta Pasific Indo Tuna di Kota Bitung diterima Walikota Hanny Sondakh. (Kabag Humas Christian Sumampow, SH. MEd).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: