Wagub Optimis Siswa Sulut Lulus UAN Murni

Wakil Gubernur Sulut Drs Djouhari Kansil Mpd melaksanakan pantauan pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) yang dilaksanakan Senin (18/4).
Wagub berkesempatan mengunjungi Sekolah Menengah Umum (SMU) N 7 Manado pada senin pagi sebelum dimulainya pelaksanaan UAN. Wagub yang didampingi oleh Kadis Diknas Provinsi Sulut, Drs HR Makagansa, Rektor UNIMA Prof DR PH Tuerah, Kakanwil Agama Sulut Halil Domu.
Wagub berkesempatan membuka soal ujian yang masih disegel rapih, sebelum dibagikan kepada seluruh siswa yang mengikuti UAN. Sebelum membuka naskah ujian, Wagub sempat memotivasi siswa untuk tidak khawatir dalam mengikuti ujian.
“Jangan khawatir, yakin pasti bisa selesaikan soal dengan baik,” ujar mantan Kadis Diknas Sulut ini.
Selanjutnya Wagub berkesempatan membagikan soal beserta lebar jawaban komputer untuk siswa yang ada di SMU N 7 Manado.
Selesai melaksanakan pantauan, Wagub menyatakan optimis dengan kelulusan seluruh siswa yang mengikuti UAN di Sulut. “Saya yakin seluruh siswa dapat mengerjakan soal ujian dengan baik, saya optimis semua terlaksana dengan baik karena seperti pengalaman tahun lalu, Sulut memiliki nilai kelulusana yang baik,” kata Kansil.
Kansil juga menjamin tidak ada kebocoran soal karena proses pendistribusian ke setiap sekolah dijaga ketat oleh pihak keamanan, soal dititip di polres setempat sebelum sampai dan soal dibuka dalam ruang ujian tiap sekolah.
Kansil mengingatkan para penyelenggara Ujian Nasional di Sulawesi Utara untuk melaksanakan kegiatan ini benar-benar sesuai dengan ketentuan dan petunjuk teknis yang telah dikeluarkan oleh Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) dan Kementerian Pendidikan Nasional. Semua pihak yang terlibat dimintakan untuk mengawal pelaksanaan Ujian Nasional ini agar berlangsung dengan baik dan sesuai ketentuan. Jangan coba-coba melakukan hal-hal yang menyimpang karena hal ini akan berakibat fatal dan akan berhadapan dengan hukum. Ujian Nasional adalah klimaks dari semua upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah, Sekolah, Guru dan para siswa itu sendiri selama 3 tahun karena itu janganlah dikotori dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan.
Kadis Diknas Sulut Drs HR Makagansa juga menyatakan optimis seluruh siswa dapat melaksanakan ujian dengan baik, pihaknya juga telah mempersiapkan dengan matang seluruh keperluan teknis selama pelaksanaan UAN sehingga tidak ada hambatan lagi. Bagi siswa yang berhalangan mengikuti ujian karena alasan sakit bisa mengikuti ujian susulan.
Sementara itu, Rektor UNIMA Prof P Tuerah selaku pengawas UAN 2011 menhyatakan pihaknya telah membagi 324 pengawas untuk mengawasi pelaksanaan UAN agar berjalan dengan baik. Lembar jawaban juga nantinya akan di periksa oleh pihak UNIMA. pada kesempatan itu juga, Sekprov Sulut, Ir Siswa R Mokodongan melaksanakan pantauan sekaligus membuka segel soal di SMK N 2 manado, Asisten I Pemprov Sulut juga membuka naskah soal di SMU N 9 Manado. Diketahui Sebanyak 15.435 siswa SMA dan 10.068 siswa SMK di Sulut ikut pelaksanaan UAN yang dilaksanakan hingga Rabu 20 April mendatang. (Jubir Pemprov Sulut, Ch. Sumampow, SH, M.Ed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: