Komisi VII DPR RI Pantau Sumber Daya Energi di Sulut

Komisi VII DPR RI melaksanakan kunjungan kerja di provinsi Sulut, kunjungan komis VII ini bertujuan untuk menyerap aspirasi dan melihat secara langsung perkembangan di daerah khususnya terkait sektor energi dan sumber daya mineral, lingkungan hidup serta teknologi.
Hal tersebut disampaikan wakil ketua komisi VII, H Teuku Riefky Harsya dalam rapat bersama dengan jajaran pemerintah provinsi yang digelar di ruang Huyula kantor Gubernur, Senin (11/4). Rombongan diterima oleh Wakil Gubernur Drs Djouhari Kansil Mpd, didampingi Sekprov Ir Siswa Rachmat Mokodongan, wakil ketua DPRD Sulut Sus Sualang, serta sejumlah kepala SKPD di ligkup Pemrov Sulut.
“Sebagaimana diketahui bersama tugas komisi VII DPR RI untuk melakukan pengawasan pada aspek sumber daya , lingkungan hidup dan teknologi, tantangan yang kita hadapi disektor energi saat ini adalah pemenuhan kebutuhan energi didalam negeri yang meningkat cepat sebagai konsekuensi dari perkembangan ekonomi, termasuk di Sulut,” ujar Harsya. Terhadap kondisi tersebut Ia menyatakan, upaya yang harus dilakukan adalah peningkatan serta pemerataan kemampuan supply energi , terutama dengan mengutamakan pemanfaatan energi lokal.
Untuk itu tim komisi VII melaksanakan pemantauan pengembangan PLTPLahendong unit IV, V dan VI serta PLTP Kotamobagu unit I hingga IV juga merupakan upaya strategis bagi peningkatan kemandirian daerah Sulut.
Harsya menambahkan sumber daya lokal harus dimanfaatkan secara optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu pemerintah pusat dan daerah harus mendorong kegiatan riset yang memiliki relevansi dengan upaya optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki.
“DPR tentu akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu berbagai upaya untuk pengembangan berbagai persoalan energi di daerah ini, untuk itu kami memerlukan informasi yang jelas untuk mengatasi masalaha tersebut sesuai dengan kewenangan dan kapasitas yang dimiliki,” ujarnya. Untuk memantau perkembangan tersebut tim komisi VII DPR RI melakukan pemantauan ke lokasi pembangkit tenaga listrik yang ada di Sulut.
Sementara itu, wakil gubernur menyampaikan beberapa informasi mengenai sumber energi yang ada di Sulut, diantaranya seumber daya air dan mineral yang cukup besar, sumber daya air dan panas bumi, yang menjadi sumber utama listrik Sulut. Untuk pembangkit listrik tenaga air, panas bumi, surya dan disel terpasang daya 262,433 MW, dengan daya 195,162 MW dan beban puncak mencapai 180,078 MW.
“Rencana dan realisasi pengembangan pembangkit listrik Sulut tahun 2008 sampai 2019 diaman di wilayah Amurang dengan kapasitas 2×25 MW, pembangunan PLTS Bunaken 335 KWP, lahendong empat denga kapasitas 20 MW, tompaso satu eks lahendong lima dengan kapasitas 20 MW, tompaso dua eks lahendong enam denga kapasitas 20 MW yang dalam tahap perencanaan, kotamobagu satu dan dua dengan kapasitas 2×40 MW pada tahun2015 juga dalam perencanaan,” papar Wagub.
Dilanjutkan Kansil, pemerintah juga semnetara mengembangkan potensi panas bumi Sulut untuk pembangkit tenaga listrik. Selanjutnya adalah cadangan minyak bumi 49,8 juta barel, cadangan gas bumi 4.2 triliun kaki kubik, cadangan nikel 363 juta ton, cadangan emas 130 juta ton biji mengandung emas, panas bumi 1220 megawatt, potensi panas bumi 10200 megawat.
Wagub juga menyatakan geliat pembangunan di Sulut berjalannpositif karena diperkuat oleh stabilitas keamanan daerah yang terendali. “Harmonisasi kehidupanmasyarakat ditengah pluralitas telah memposisikan Provinsi ini sebagai satu daerah yang teraman di Indonesia, meskipun kondisi Sulut sangat majemuk dari sisi etnis religi, budaya dan adat istiadat saling menghormati perbedaanmenjadi kebanggaan dan tantangan untuk terus mengembangkan pembangunan mewujudkan Sulut sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dikawasan timur Indonesia ,” kata Kansil.(Kabag Humas CH Sumampouw SH Med)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: