Pemprov Bina Tenaga Kerja Kontstruksi

Untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) kontruksi yang handal, profesional sehingga bisa berkiprah ditingkat regional dan internasional, jalan satu-satunya harus terus dilakukan pembinaan kepada para pelaku konstruksi.

Hal itu dikatakan Asisten Ekonomi Pembangunan Ir Alex Wowor MSi, selaku Ketua Tim Pembina Jasa Konstruksi Daerah (TPJKD) yang di wakili Karo Pembangunan Dra Femmy Suluh, MSI selaku Sekretaris TPJKD saat membuka Sosialisasi Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi, di Hotel Aston Manado, senin (11/04).

Kegiatan yang berlangfsung selama dua hari itu di ikuti para Kadis PU dan pelaku jasa konstruksi se- Provinsi Sulut ini merupakan prakarsa dari Pusat Pembinaan dan Pelatihan Konstruksi Badan Konstruksi Kementerian PU.

menurut Femmy Suluh guna mengantisipasi hal itu Pemprov terus berupaya untuk meningkatkan keterampilan mereka melalui berbagai pelatihan sesuai dengan bidang keterampilan yang dimiliki. Selanjutnya keterampilan itu mendapat legitimasi dengan diberikannya sertifikat pelatihan maupun sertifikat keterampilan dari Badan Sertifikasi Keahlian (BSK) yang terakreditasi, ujarnya.

Kabid Keterampilan Konstruksi, Aca Ditamihardja M.Eng menyebutkan hingga kini pihaknya telah berhasil menyusun 250 standar kompetensi kerja (SKKNI) di bidang konstruksi oleh Badan Pembinaan Konstruksi melalui Pusbin KPK bersama masyarakat jasa konstruksi.

Ditamiharja menambahkan, dalam industri konstruksi, SDM yang mempunyai kompetensi dibidangnya merupakan salah satu kunci penting dan strategis dalam mencapai keberhasilan pembangunan bidang konstruksi.

Ketua LPJKD Sulut Ir Fanny Wulur mengakui problem yang dihadapi sulut dewasa ini yakni masih kurangnya tenaga ahli jasa konstruksi bersertifikat serta badan usaha, ”ini yang menjadi kendala terutama dalam pemberian ijin padahal aturannya sudah ada”, ujar Wulur. (Kabag Humas Christian Sumampow, SH MEd selaku Jubir Pemprov).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: