Sulut Kembangkan Metode Pengobatan Tradisional

Wakil Gubernur Sulut Drs Jouhari Kansil, MPd mengakui di provinsi sulut dewasa ini terus mengembangkan metode pengobatan tradisional. Dan pengobatan tradisional itu terus diupayakan untuk digali dan di bina di 15 Kabupaten/Kota yang ada di sulut.
Pengakuan orang nomor dua di Sulut ini disampaikannya, saat membuka sosialisasi dan advokasi program pelayanan kesehatan tradisional, alternatif dan komplementer regional timur di ruang rapat Keasisten Dua Setda Provinsi Sulut, Kamis (7/04).
Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Bina Gisi dan KIA Kementerian Kesehatan RI tersebut diikuti 17 orang Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan 18 Direktur Rumah Sakit se Indonesia Timur itu, menurut Kansil seperti di Kabupaten Minsel yang dikenal dengan minyak tawaang, Minut dengan minyak VCO dan juga di Kota Tomohon serta di Sitaro dengan minyak pala, dimana hampir semua puskesmas yang ada telah mempunyai tenaga fisioteraphy.
Kedepan Kansil berharap semua Kabupaten/Kota dapat menggali dan mengembangkan potensi daerah yang ada, guna pengembangan program kesehatan tradisional, alternatif dan komplementer di masa mendatang.
Senada dengan Kansil, Dirjen Bina Gisi dan KIA DR. Budiharja, MPH juga mengakui bahwa dalam dunia kesehatan diketahui bahwa pengobatan tradisional merupakan salah pilihan yang banyak diminati masyarakatdalam mengatasi masalah kesehatan yang dihadapinya.
Budiharja mengatakan, pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan mempunyai tugas pokok yang salah satunya, melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap program pelayanan kesehatan tradisional, katanya.
Sementara Direktur Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer Kemenkes RI Dr. Abidinsyah Siregar DHSM, M.Kes menginformasikan berdasarkan renstra Kemenkes RI 2012-2014
Telah mengamanatkan dua indikator terselenggaranya pelayanan kesehatan tradisonal yang terintegrasi sebesar 50 persen Kabupaten/Kota dan integrasi program pelayanan kesehatan tradisional pada rumah sakit sebanyak 70 persen. Ditambahkannya, kegiatan sosialisasi ini akan berlangsung selama dua hari di hotel Sedona Manado.(Kabag Humas Christian Sumampow, SH Med selaku Jubir Pemprov).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: