Wagub Puji Biro Pembangunan dan Orpeg

Tekad Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk mempertahakan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam hal pengelolaan keuangan terus dibuktikan. Berbagai cara dilakukan, diantaranya melakukan pengawasan ketat untuk administrasi keuangan di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). ‘’Predikat WTP tidak mudah didapat, tapi juga sangat sulit dipertahankan. Atas dasar itu sangat diperlukan kedisiplinan pegawai yang bertanggungjawab dalam pengelolaan keuangan, antaranya mampu menyiapkan bukti-bukti administrasi keuangan,’’ ujar Wagub Sulut Drs. Djouhari Kansil, M.Pd ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) lanjutan di Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP2A), Biro Pembangunan, dan Biro Organisasi dan Kepegawaian, Rabu (6/4) kemarin.
Hasil sidak dari 3 SKPD yang kesemuanya dikepalai oleh perempuan ini didapati bahwa para pengelola keuangan masih ada juga yang belum memperhatikan pentingnya kelengkapan administrasi dalam pengelolaan keuangan. Seperti yang didapati Kansil di BP2A yang dipimpin oleh Ir. Xandramaya Lalu, M.Si, bendahara masih belum bisa menunjukan buku kas pembantu dan buku setoran pajak. ‘’Dikaitkan dengan fungsi kontrol, hal ini sangat tidak boleh terjadi,’’ ujar mantan Kaban Diklat Sulut ini. Selain memeriksa kelengkapan administrasi keuangan, putra Nusa Utara ini juga memeriksa kartu inventaris ruangan. ‘’Semua asset harus jelas, tidak boleh satupun asset kantor yang tidak diinventarisir apalagi dihilang tanpa jelas oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,’’ tegasnya.
Apa yang didapati Wagub di BP2A berbeda dengan di Biro Pembangunan dan Biro Organisasi Kepegawaian, dimana Wagub tampak puas dengan sistem pengelolaan keuangan dari 2 biro yang dikepalai oleh Dra. Femmy Suluh, M.Si dan Dra. Linda Watania, M.Si ini. Semua kelengkapan administrasi yang diminta Wagub dapat ditunjukan. Bahkan, ketika Wagub mengumpul semua pejabat eselon III, IV dan meminta buku kerjanya masing-masing, dengan sigap dapat dipenuhi.’’Hal ini menunjukan bahwa pegawai bersangkutan benar-benar bekerja, dan punya keinginan kuat untuk menunjang program pimpinan,’’ puji Kansil. (Jubir Pemprov Sulut, C. H. Sumampow, M.Ed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: