KPK Kecewa Rapat Evaluasi Supervisi Peningkatan Publik Kurang Dihadiri Kepala Daerah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyayangkan tidak hadirnya sejumlah kepala daerah dalam rapat evaluasi supervise peningkatan pelayanan publik yang diselenggarakan pihak KPK bersama Pemerintah Provinsi Sulut.

Rapat yang digelar di ruang Huyula kantor Gubernur, diselenggarakan Kamis (31/3) hanya dihadiri beberapa Bupati dan Walikota saja. Padahal rapat tersebut sangat penting pelaksanaannya demi penigkatan pelayanan publik setiap daerah.

Deputi pencegahan korupsi KPK, Eko Susanto meyatakan kegiatan ini sangat penting diikuti setiap kepala daerah karena demi meningkatkan kemajuan pelayanan public daerah sendiri.

“ Indonesia masuk dalam hitungan dengan pelayanan public terburuk, masih sangat banyak yang harus dibenahi, untuk itu seluruh kepala daerah penting mengikuti rapat evaluasi ini,” ujarnya.

Dikatakan Susanto, Sulut termasuk satu daerah yang beruntung karena memiliki pelayanan public yang baik . Sulut masuk dalam sepuluh daerah yang didorong untuk evaluasi supervise peningkatan pelayanan public

“Sulut merupakan satu daerah berprestasi dimana mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian dalam hal pengelolaan keuangan tahun 2010 oleh BPK, tentunya penilaian itu harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan public juga,” ujarnya. . Untuk itu, setiap kepala daerah dianjurkan membuat satu rancangan pelayanan public guan menunjang prestasi yang diraih Sulut.

Sama halnya Dengan Susanto, kepala Ombudsman Indonesia Pramono Dahlan mengatakan berdasarkan laporan masyarakat di seluruh Indonesia, pihak paling banyak mendapat keluhan mengenai pelayanan public adalah Pemda, Polisi, PEngadilan dan Pertanahan.

Jenis keluhan terbanyak yakni penundaan yang berlarut, pelayanan yang lambat, penyalahgunaan wewenag, permintaan uang dan jasa, tidak memberikan pelayanan. “Semua laporan ini benar terjadi, untuk itu perlu perbaikan pelayanan publik demi peningkatan pelayanan bagi masyarakat,” papar Dahlan.

Sementara itu, Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang menyatakan, esensi satu pemerintahan adalah memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat serta dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan demi mencapai tujuan bersama.

“Birokrasi sebagai operator pemerintahan, berkewajiban dan bertanggungjawab untuk memberikan pelayanan baik dan profesional. Pelayanan public merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur pemerintah yang merupakan abdi Negara dan abdi masyarakat,” ujar Sarundajang saat memberikan sambutan.

Diaktakan SArundajang, pelayanan public memiliki pengertian yang luas mencakup konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun sampai saat ini masih diperhadapkan dengan banyak masalah yakni determinan internal, pengendalian manajemen masyarakat, semuanya juga perlu mengalami pembenahandemi kelangsunagn pemerintahan yang baik.

Untuk itu birokrasi diharapkan lebih mampu memberikan pelayanan yang profesional, efektif, sederhana, transparan, tepat waktu, responsive dan adaptif. Pelayanan public harus tetap dipacu dengan menghindari proses yang panjang dan berbelit serta tumpang tindih.

“Hal ini penting diperhatikan, karena pelayanan yang efektif dan efisien merupakan factor penting untuk mencegah terjadinya ekonomi biaya tinggi, penyalahgunaan wewnang, perlakuan diskriminatif dan tindakan koruptif,” papar Saarundajang.

Dirinya juga menyentil beberapa kepala daerah yang tidak hadir dalam rapat tersebut. “Kalau saya mengundang setiap kepala daerah untuk hadir, berarti kegiatan itu sangat penting untuk diikuti,” tegas Sarundajang.

Bebebrapa kepala daerah yang tampak hadir hanya bupati Minahasa Induk, Vreeke Runtu, Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu, Bupati Minahasa Tenggara Telly Tjanggulung, Plt Bupati Talaud Constan Ganggali, Ketua DPRD Sulut Pdt Meiva Salindeho, Kapolresta Manado Kombes Pol Arida Roeroe. Dua orang terlambat hadir, Walikota Kotamobagu Djaelantik Mokodompit, Plt Walikota Tomohon Jimmy Eman. mereka berdua tiba saat istirahat makan siang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: