Mokodongan :Penyaluran BOS Harus Tepat Sasaran

Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2011 harus tepat sasaran, tepat guna tepat jumlah dan waktu pelaksanaan, sesuai mekanisme APBD dan ketentuan undang-unndang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Provinsi Sulut (Sekprov) Ir Siswa Rachmat Mokodongan, dalam acara sosialisasi program BOS tahun 2011 yang diselenggarakan Rabu, (30/3) bertempat di ruang Mapaluse kantor Gubernur. Acara tersebut dihadiri seluruh Sekda Kabupaten kota se Sulut dan dinas Pendidikan.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mensinkronkan rencana kerja terkait mekanisme penyaluran dana BOS sekaligus merupakan media untuk memantapkan langkah dalam mempermudah percepatan penyaluran dana BOS triwulan I seluruh Kabupaten Kota yang telah ditransfer dari rekening kas Negara ke kas daerah pada akhir Januari 2011 lalu.

” Penyaluran dana BOS harus mengacu pada mekanisme APBD agar tercipta penggunaan dana yang tepat waktu, tepat guna dan sasaran, dalam hal ini harus berpedoman pada ketentuan undang-undanga dengan memperhatikan beberapa aspek,” ujar Mokodongan.

Beberapa aspek itu antara lain, penggunaan BOS adalah untuk kepentingan operasional sekolah, maksimum penggunaan dana untuk belanja pegawai bagi sekolah negeri sebesar 20 persen, bagi sekolah yang menerima DAK, tidak diperkenankan menggunakan untuk peruntukan yang sama dengan BOS, pembelian barang dan jasa perbelanja tidak lebih dari Rp 10 juta, bunga bank akibat adanya dana di rekening sekolah menjadi milik sekolah itu, apabila ada dana BOS yang diterima oleh sekolah dalam triwulan tertentu maka sekolah harus melapor kepada dinas pendidikan untuk penyesuaian alokasi pada triwulan berilkutnya.

Mokodongan juga mengingatkan bahwa pelaksanaan penyaluran dan penggunaan anggaran belanja BOS, setiap Kabupaten Kota agar mengerti dan tertib dalam pengelolaan mulai dari tahap penataan alokasi yang termasuk pendapatan, penyaluran anggaran, penggunaan, pelaporan realisasi, hingga pengawasan dan untuk pemeriksaan diwajibkan dilaksanakan setiap tahap.

“Saya berharap forum ini dapat memberikan pemahaman yang utuh, terkait pengelolaan dana BOS sehingga nantinya akan terwujud sinergitas dalam implementasinya di daerah masing-masing, disamping itu dapat membhuat kita maju bersama dan membangun karya dalam kompetisi dipentas pembangunan global untuk Sulut yang berbudaya, berdaya saing dan sejahtera,” kata Mokodongan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: