Mokodongan Terima Pansus DPR- RUU Tanah

Bertempat di Ruang Rapat Mapaluse Kantor Gubernur Sulut, Senin (28/03), Sekretaris Provinsi Sulut. Ir Siswa R Mokodongan menerima Kunjungan Kerja Tim Pansus Rancangan UU Tentang Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan.

Tim Pansus yang beranggotakan 6 orang tersebut, dipimpin Ketua H. Taufik Hidayat. Pertemuan yang berlangsung dalam suasana kekeluargaan itu Hidayat menjelaskan tujuan kedatangan di daerah ini dalam rangka mendapatkan bahan masukan dari para stakeholders terkait dengan RUU tersebut. Selain mengadakan pertemuan dengan Pemprov Sulut dan Pemda Kabupaten/Kota, kami juga akan mengadakan pertemuan dengan para Civitas Akademikan Unsrat Manado, guna mendapatkan Ujar Hihayat.

Hidayat menyebutkan, RUU tersebut merupakan inisiatif dari Pemerintah dan DPR-RI menyambut positif untuk membuat UU. RUU ini nantinya akan merumuskan sejauh mana batasan-batasan kepentingan pribadi dalam kaitannya dengan hak atas tanah apabila diperhadapkan dengan kepentingan negara yang lebih menyangkut pada kepentingan umum.

Karenanya Hidayat berjanji RUU tersebut sudah disahkan paling lambat pada Bulan September 2011 mendatang oleh DPR-RI. Ditambahkannya UU ini akan menjamin kepentingan dari semua pihak baik masyarakat maupun pemerintah.

Mokodongan menyambut baik dipilihnya Provinsi Sulut menjadi salah satu lokasi untuk mendapatkan masukan Tentang RUU tersebut. Pemprov. Sulut akan membantunya apa yang menjadi kebutuhan dari Pansus selama berada di daerah Bumi Nyiur Melambai, ujarnya.

Mokodongan mengakui berbicara masalah tanah sangat krusial dan itu tidak hanya terjadi di daerah Sulut, melainkan sudah menjadi masalah nasional, apabila rakyat mengetahui jika tanah tersebut akan dimanfaatkan untuk kepentingan umum, maka pasti harganya akan dinaikkan.

Selama berlangsungnya pertemuan itu Pansus DPR-RI telah mendapatkan banyak masukan dari berbagai nara sumber seperti Bupati Minut Drs Sompie Singal, Wakil Bupati Minahasa Drs Jantje Sajow, dan dari para kepala SKPD Provinsi Sulut antara lain Kadis PU. Ir Eddy Kenap, Kaban Perbatasan Maxi Gagola, SH. MH, Kadis Perhubungan Ir. Parlindungan Tampubolon dan Kadis Penda Edwin Silangen, SE. MS. (Kabag Humas Selaku Jubir Pemprov. Christian Sumampow,SH, MEd).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: