Onibala Resmi Sandang Gelar M.Si

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Sulut Drs Mecky Marthen Onibala saat ini resmi menyandang gelar M.Si, setelah berhasil menyelesaikan Study Strata Dua Program Magister di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, dengan predikat Cum Laude.

Dalam pelaksanaan Ujian Koprehensif yang di gelar di aula Program Pasca Sarjana Unsrat, Jumat pagi (25/03) berlangsung selama dua jam dari pukul 08.00 s/d pukul 10.00 Wita.

Onibala sendiri melalui Tesisnya yang berjudul ”Implementasi Otonomi Daerah di Kabupaten Minahasa Selatan Study Tentang Strategi Bidang Sumber Daya Aparatur”. dalam Penyampaiannya mampu mempertahanan sekaligus meyakinkan tesisnya itu dihadapan tiga orang guru besar sebagai dosen penguji masing-masing Prof. Drs. Ir. S. Berhimpon, Msi. M.App. Sc (Direktur Program Pasca Sarjana), Prof. Dr. Ir. V.V Rantung, MA dan Drs N. R Pioh, Msi.

Dalam mempertahankan Tesisnya itu Onibala turut didampingi pula oleh Rektor Unsrat Prof. Dr. Donald A Rumokoy, SH. MH, Prof. Dr. Drs. Hein Gony dan Dr (C) Drs Jhony Lumolos, Msi sebagai dosen pembimbing.

Ujian komprehensif tersebut berlangsung alot dimana tiga dosen penguji secara silih berganti memberikan berbagai pertanyaan seputar tesis yang diangkat oleh mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut ini. Onibala yang kenyang pengalaman dalam mengurus bidang kepegawaian itu, memberi alasan konkrit mengambil Minsel sebagai study tentang strategi bidang sumber daya aparatur, karena yang bersangkutan dikenal sebagai salah satu pelaku yakni pernah diperayakan sebagai Kepala BKD dan pernah menjabat Bupati Minsel, itu artinya putra tolok sekaligus Jebolan APDN dan IIP ini mengetahui persis kondisi yang sesungguhnya dari setiap aparatur Pemerinth yang bertugas di kota kacang itu.

Dalam tersisnya tersebut Onibala juga sedikit memberi pencerahan menyangkut pengangkatan pejabat struktural sesuai kompetensi bidang tugasnya. Contohnya di Pemprov Sulut. Gubernur Dr. Sinyo Harry Sarundajang dan Wagub Drs Djouhari Kansil, MPd sangat memperhatikan hal itu, sehingga dalam penempatan pejabat dinilai sangat tepat, dan hal ini sangat baik untuk diikuti oleh pemerintahan yang ada di Kabupaten/Kota se- Sulut. (Jubir Pemprov Christian Sumampow, SH. Med).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: