SHS : 2012 Sulut Berswasembada Beras

Gubernur DR. S.H. Sarundajang dengan tegas mengatakan bahwa siap atau tidak, tahun 2012 Sulawesi Utara sudah harus berswasembada beras. ‘’Pada prinsipnya Sulut sudah capai pada ketahanan pangan, tapi untuk swasembada beras belum. Atas dasar itu, produksi beras wajib ditingkatkan agar 2012 Sulut sudah berswasembada beras,’’ ujar Sarundajang.
Menurut Sarundajang, Pemerintah provinsi terus berbenah diri untuk mewujudkan program swasembada beras agar mampu menyangga kebutuhan masyarakat Sulut. Dan bagi Sarundajang, langkah utama yang harus dilakukan adalah diversivikasi pangan yang tetap dilakukan melalui kegiatan pertanian berbasis sumber daya lokal serta pentingnya sinergitas antara stakeholders dan komponen-komponen yang saling berhubungan dalam rangka peningkatan ketahanan pangan. ‘’Langkah lanjutnya yakni membuka isolasi, dan seluruh infrastruktur harus direhab,’’ jelasnya.
Yang ditakutkan pemerintah saat ini adalah lahan pertanian di Sulut setiap tahunnya berkurang. Hal ini harus dicegah dengan cara melarang lahan sawah dijadikan areal pemukiman. Selain itu, agar produksi beras meningkat, Sarundajang mengingatkan kepada seluruh kabupaten kota agar subsidi pupuk dan bibit harus kena sasaran. Begitu juga dengan penyaluran beras miskin (raskin) diharapkan harus tepat waktu, karena tujuan dari penyaluran beras miskin adalah penyuntikan pada saat-saat belum panen. ‘’Peningkatan produksi beras perlu mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Para petinggi di kabupaten kota harus rapat bersama demi memikirkan hal ini,’’ tegas Sarundajang. (Jubir Pemprov, C.H. Sumampow)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: