Dihadiri Wagub Sulut Paripurna HUT Bolmong Sepi Nian

Tak seperti biasanya setiap kali Paripurna Dewan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Bolaang Mongondow yang berlangsung di gedung Bobakidan sebutan Kantor DPRD Bolmong, apabila dihadiri petinggi Sulut seperti Gubernur maupun Wagub Sulut terasa sangat meriah. Namun paripurnah Dewan memperingati HUT ke 57 Bolmong kali ini terasa sepi nian, Rabu (23/03).

Pada hal undangan yang disebarkan Pemkab Bolmong kepada para tamu undangan, tertulis acara dimulai pukul 12.00 Wita. Paripurna Dewan baru dimulai pukul 13.30 wita, molor hampir satu setengah jam. Wagub Drs Djouari Kansil MPd bersama 12 pejabat eselon II Pemprov Sulut tiba tepat pukul 12.00 di gedung wakil rakyat Bolmong itu di jemput Ketua Dewan Bolmong H Abdulkadir Mangkat, SE serta dua wakil Ketuanya, dan Sekda Drs Hi Ferry L Sugeha, ME, sementara petinggi eksekutif dan legislatif lainnya belum nongol batang hidungnya. Wakil Bupati Sehan Mokoagow sendiri baru tiba setelah satu jam Kemudian.

Sekda Bolmong Ferry Sugeha terlihat sibuk menghubungi para pejabat maupun anggota Dewan lainnya untuk segera hadir, karena Wagub sudah lama berada di ruang tamu Ketua Dewan. ”saya sementara menghubungi teman-teman pejabat eselon II dan III termasuk Anggota Dewan agar segera datang di DPRD, karena Pak Wagub so sari tadi ada di Kantor Dewan”, ujarnya.

Selama berlangsungnya Rapat paripurna Dewan dari 39 anggota Dewan Bolmong yang ada, tercatat hanya 17 anggota Dewan termasuk Ketua dan dua Wakil Ketua yang hadir, begitu pula dengan para pejabat eselon II Bolmong dari 32 orang hanya 7 pejabat yang hadir iru pun sudah termasuk Wakil Bupati dan Sekda sendiri.

Informasi yang berkembang, penyebab ketidak hadiran para pejabat eksekutif maupun legislatif Bolmong di paripurna Dewan memperingati HUT ke 57 bumi totabuan itu, salah satunya karena bias Pemilukada. Diketahui sehari sebelum dilaksanakan peringatan HUT Bolmong, telah berlangsung Pemiluda Bolmong. Mungkin ini yang menyebabkan sampai peringatan HUT Bolmong kali ini berlangsung sepi nian, ujar salah seorang warga Bolmong, Recky Silimang.

Wagub Kansil mengatakan, hari jadi ke 57 Kabupaten Bolmong yang kita peringati saat ini bertepatan pula, dimana daerah ini sedang dalam suasana demokrasi pemilukada yang telah berlangsung aman dan terkendali. Kita harus ingat bahwa demokrasi jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan, tetapi justru pemilukada dapat dijadikan sebagai media untuk mendulang kebersamaan, mampu memenangkan kepentingan masyarakat dengan memilih pemimpin yang mampu membawa bahtera pemerintahan pada kesejahteraan rakyat.

Kansil juga mengimbau, seluruh elemen masyarakat bumi totabuan melalui spirit peringatan HUT kali ini, kiranya tetap bersatu padu menjaga bolmong dan sulut agar tetap aman dan damai, meski dalam suasana pemilukada, yakinlah bahwa perbedaan itu biasa, tetapi persatuan dan kebersamaan merupakan hal yang sangat penting dan mahal, karena tidak dapat dibeli dengan apapun juga termasuk untuk kepentingan politik sesaat, (Jubir Pemprov Christian Sumampow, MEd).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: