Sulut Ikut Penilaian EPPD

Tim Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, EPPD melaksanakan kunjungan kerja di Sulut. Rabu(23/03)

Maksud dan tujuan tim untuk sebagai tindak lanjut Sulut termasuk dalam 6 provinsi terbaik di Indonesia, melaksanaan peninjauan lapangan terutama sarana prasarana fisik dan pelayanan publik di Sulut.

Penilaian tim nantinya akan diumumkan oleh Menteri dalam negeri pada hari otonomi daerah 25 April 2011 di Bogor. Tim nantinya akan melakukan pengamatan pelayanan fisik, seperti rumah sakit, jalan, pelayanan ijin terpadu, pengumpulan data dokumen pendukung. Kriteria penilaian antara lain indeks pembangunan manusia, PDRB, jumlah penduduk, opini BPK 2008-2009 dimana Sulut merupakan propinsi yang meraih WTP, penghargaan yang diterima pemda. Serta data pendukung lainnya.

Kunjungan di terima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulut Drs. Mecky onibala. Mengambil tempat di ruang Mapaluse kantor Gubernur

Kunjungan kerja kali ini di hadiri beberapa pejabat teras dari Jakarta, antara lain, Ir. Bonar sihite MAAG Kasubdit wilayah IV dit. PKEKD, DR. Danang G Pakar Ketua OMBUDSMAN nasional, Ir. Adijanto MPP Kasubdit investasi dan kapasitas daerah kementrian keuangan RI, Dwi agus s.SH.Msi Kasi evaluasi IV-A Kementrian dlam negri, Husein Auditor madya BPKP, Muhammad Roudo ST.MPA Perencana pertama BAPPENAS Reni sirait SE Direktorat PKEDKD Otonomi Daerah.

Dalam sambutan Gubernur yang dibacakan Onibala, menyampaikan ucapan terima kasih di sertai penghargaan yg tinggi kepada tim teknis nasional dari kementrian dalam negeri,badan pengawas keuangan dan pembangunan RI,serta para pakar dan ahli dari lembga indpeden yang telah terlibat lagngsung dalam proses evaluasi penyelengraan pemrintahan di daerah, karena dalam penilaian, Sulut dapat masuk sebagai salah satu propinsi terbaik nasional dalam hal PPD(penyelengaraan pemerintahan daerah).

Dengan penghargaan tersebut akan semakin memotivasi segenap jajaran pemerintah propinsi Sulut untuk semakin maju dan samkin terpacu dalam pemerintahan yang berbasis good governence. Selnjutnya dalam sambutan disampaikan bahwa, sesuai peraturan pemerintah pasal 9 ayat 4 tentang LPPD kepada pemerintah , LKPJ kepada DPRD dan ILPPD kepada masyarakat maka menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk menyusun LPPD dalam setiap tahun anggaran berjalan.

Dalam rangka mengoptimalkan peraturan pemerintah tersebut, telah di tetapkan peraturan pemerintah nomor 6 tahun 2008 tentang pedoman evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah dengan parameter dan sistem penilaian sesuai ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut Gubernur menyampaikan progres report kinerja Sulut tahun 2009 sebagai berikut:

1. Perkembangan indeks pembangan manusia 
dalam pelaksnaan pendidikan angka MELEK 0,11% dari angka 99,30% pada tahun 2010 meningkat menjadi 99,41% pada akhir tahun 2009 dengan demikan Sulut tergolong buta aksara 0,7% di atas angka nasional sebesar 6% sehingga pemerintah pusat memberikan penghragaan Anugerah Pratama Nugraha.

2.pelayanan publik
 Terbangunya sarana dan prasrana pendidikan selang tahun 2008/2009,selain itu dibangun 7 Rumah Sakit pemerintah dan swasta serta puskesmas 22 unit

3.pertumbuhan ekonomi
pertumbuhan ekonomi daerah mencapai 8,31% atau meningkat di bandingkan dengan pertambahan ekonomi 2008. Pendapatan perkapita meningkat dari Rp.9,8 juta tahun 2006 menjadi RP. 12 juta pada tahun 2009

4. daya saing daerah
kebijakan umum pemerintah tahun 2008 lebih diarahkan pada penguatan ekonomi kerakyatan.
Serta suksesnya pelaksanan WOC dan CTI SUMMit Thun 2009

5. Reformasi birokrasi
untuk mewujudkan birokrasi yang kuat dan profesional maka pada tahun 2009 dilaksanakan kebijakan reformasi birokrasi melalui penataan organisasi perangkt daerah berdasarkan PP nomor 41 thun 2007, rekutmen dan seleksi CPNS secara transparan , mutasi sesuai kompetensi, diklat aparatur, pentpan batas usia pensiun, pembrian tunjangan kinerja daerah serta konsistensi pelaksanaan sistim reward dan punishment dalam rangka pembinan PNS melalui penerapan PP nomor 30 tahun 1980 tentang disiplin PNS.

Pada pertemuan tersebut turut juga dihadiri oleh asisten administrasi umum Pemprov Sulut Asiano G Kawatu SE, Msi. Kepala Bappeda Noldy Tuerah, Kaban BKD Sulut Drs Roy M Tumiwa Mpd, Karo Pemerintahan dan Humas B Mononutu SH, Kadis PU Ir JE Kenap.(Jubir Pemprov, CH Sumampouw SH, MEd)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: