Farewell Party Peserta ARF-DIREX

Menjelang penutupan kegiatan Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF-DIREX) 2011, pada Jumat malam 19 Maret 2011 para peserta larut dalam suasana keakraban sambil menikmati pagelaran seni budaya Sulut dan makan malam bersama dalam Farewell Party yang digelar di Grand Kawanua Convention Centre Kairagi Manado. Acara itu sendiri berlangsung meriah dan ditandai juga dengan Pengukuhan Platform Daerah Pengurangan Resiko Bencana Provinsi Sulawesi Utara yang dikukuhkan oleh Gubernur bersama Kepala BNPB.
Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Utara DR. Sinyo Harry Sarundajang menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB yang telah mempercayakan Sulawesi Utara menjadi tuan rumah kegiatan ini. Gubernur juga mengatakan bahwa apa yang dihasilkan melalui pelatihan ini akan menjadi dokumen panduan bagi Negara-negara peserta untuk menghadapi dan menanggulangi bencana. Hasil ini juga sangat berarti dan merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi pemerintah dan instansi terkait yang menangani bencana di Sulawesi Utara. Pada kesempatan ini Gubernur juga meminta maaf seandainya ada kekurangnyamanan yang dialami peserta selama mengikuti kegiatan ini. Permintaan maaf ini langsung ditanggapi oleh Ambassador Wakil Direktur Jenderal Politik Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Japang Masafumi Ishii yang mewakili Co-Host Jepang dengan mengatakan selama berada di Manado “tidak ada ketidaknyamanan” yang dialami dan dirasakan oleh para peserta. Mashafumi juga mengatakan bahwa bantuan dari Indonesia juga akan tiba di Jepang Sabtu ini antara lain berupa selimut dan bantuan lainnya. Untuk itu atas nama pemerintah Jepang Mashafumi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia. Jepang juga tetap siap untuk membantu upaya penanggulangan bencana bagi Negara-negara peserta.
Kepala Badan Penanggulangan Bancana Nasional (BNPB) Syamsul Maarif secara khusus menyampaikn terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara yang telah menjadi tuam rumah pelaksana yang baik. Hasil dari ARF-DIREX ini sudah baik namun akan terus disempurnakan mengingat fenomena-fenomena baru kejadian bencana terjadi sangat cepat sehingga prosedur dan mekanisme yang menjadi acuan bagi penanganan bencana yang antara lain dihasilkan melalui pelatihan ini harus terus disesuaikan. Pada kesempatan ini BNPB memberikan Piagam Penghargaan dan Ucapan Terima Kasih bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kota Manado, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Kapolda Sulut, Danlantamal 8 Manado, Danlanud Sam Ratulangi, Danrem 131 Santiago dan juga Perum Angkasa Pura, Telkom, PLN, Adpel Bitung dan Direksi Mega Surya Lestari (Megamas Manado).
Platform Daerah Pengurangan Resiko Bencana Provinsi Sulawesi Utara yang dikukuhkan terdiri dari Dewan Penasehat yang diketuai oleh Gubernur Sulawesi Utara, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Danrem, Danlantamal, Danlanud Sam Ratulangi, Dewan Pengawas Prof.DR.Ph. Tuerah, Ir. S.R Mokodongan, Drs. R.J. Mamuaja, dan Badan Pelaksana yang diketuai oleh Ivan Sarundajang dan 14 anggota pengurus yang terdiri dari tokoh agama-tokoh masyarakat dan instansi terkait. (Juru Bicara Pemprov Sulut Ch. Sumampow, SH.M.Ed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: