Wagub Warning BKD Sulut Soal Mutasi Pegawai

Wakil Gubernur Sulut Drs Djouhari Kansil, MPd menyatakan, Pemprov Sulut sebenarnya tidak tabu dengan mutasi pegawai dari Kabupaten/Kota pindah ke Provinsi. Namun proses kepindahannya benar-benar harus melalui proses mekanisme yang baik. Kansil mensinyalir akhir-akhir ini ada banyaknya pegawai kabupaten/kota yang mengajukan permohonan pindah ke Provinsi dengan alasan beragam, misalkan karena orang tua sakit dan lain sebagainya.
Untuk itu kedepan menyangkut mutasi pegawai BKD Sulut harus lebih berhati-hati lagi, ” jangan hanya sembarang proses sekalipun sudah ada rekom, tetap prosesnya harus diteliti dengan baik” jangan Cuma terima-terima kong akhirnya nyanda betul, pintah Kansil.
Penegasan tersebut disampaikan langsung kepada Kaban BKD Sulut Drs Roy M Tumiwa, MPd pada saat Kansil melakukan sidak di kantor tersebut, Rabu (16/03).
Lanjut dikatakannya, ada salah satu pejabat kepala seksi di Manado pindah ke Mitra sementara SK mutasinya belum keluar kembali sudah mengajukan permohonan pindah ke Provinsi, sebenarya ada apa dengan semua itu, mungkin karena faktor teman atau kenalan sehingga BKD Sulut langsung memprosesnya. Demikian halnya dengan ada begitu banyak pegawai dari Minsel saat ini yang sedang mengajukan permohonan pindah ke Provinsi.
Mencermati fenomena tersebut Kansil, mengingatkan agar BKD Sulut, mulai saat ini segera memberlakukan prosedur yang lebih baik lagi. Contohnya alasan pindah karena orang tua sakit harus dilampirkan surat keterangan dari dokter ahli, begitu juga dengan pegawai yang sedang menduduki jabatan apapun di kabupaten/kota yang mengajukan pinda ke Provinsi selain melampirkan rekomendasi juga harus ada analisis kepegawaian. Kalau tidak ada hendaknya jangan diproses, dan ini sekaligus warning kepada BKD Sulut.
Selain itu Kansil pula menyentil soal kenaikan pangkat khususnya bagi pegawai yang bergelar S1 dan S2 harus diteliti ijasah keserjanaannya, lembaga pendidikan mana yang mengeluarkannya, ujarnya. Sebelumnya Kansil melakukan sidak di ruangan pos bantuan.
Kansil mengakui, pelaksanaan iven internasinal ARF DIREx yang sementara berlangsung di Manado dan Wori (15/20) sesungguhnya tidak menggangu kinerja bagi para pegawai yang bertugas di gedung putih. Sidak kali ini Sengaja saya lakukan untuk mengecek langsung sejauh mana kehadiran pegawai pasca di bukanya iven internasional tersebut.
Ternyata mereka tetap bekerja seperti biasa melayani masyarakat. Tapi bagi mereka yang terlibat langsung dalam iven ini seperti Bagian Humas dan protokol, mereka itu sedang bertugas di lapangan, tutup Kansil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: