Tokoh Agama Dukung Pelaksanaan ARF DIREx

Tokoh agama se Sulawesi Utara (Sulut), mendukung bersama pelaksanaan Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF-Direx) yang akan digelar 14 sampai 20 Maret di Sulut.

Hal tersebut disampaikan dalam acara sosialisasi lintas agama dengan tema peran serta tokoh agama dalam menunjang pelaksanaan pariwisata dan ARF DIREx, yang diselenggarakan Rabu, (9/3) di hotel Aston Manado.

Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang yang turut hadir dalam sosialisasi tersebut menyatakan terima kasih bagi semua pihak yang mendukung termasuk tokoh agama agar pelaksanaan ARF Direx berlangsung sukses dan lancar serta bisa menunjang sektor pariwisata di Sulut.

“Pelaksanaan ARF Direx merupakan satu kegiatan penting nasional, untuk menguji atau menyiapkan sistem kesiapan dan mekanisme nasional penanganan suatu bencana yang melibatkan bala bantuan asing di Indonesia, serta untuk meningkatkan kemampuan tim bencana secara multinasional,” ujar Sarundajang dalam sambutannya.

Indonesia khususnya Sulut dipilih sebagai tuan rumah, karena sudah dianggap siap melaksanakan even internasional, serta juga Indonesia merupakan daerah yang rawan dengan bencana sehingga perlu pelatihan penanganan keselamatan yang cepat tehadap satu bencana.

“Pelatihan ini memiliki manfaat untuk memberikan rekomendasi dan masukan strategis bagi kerjasama ARF dalam penanganan bencana, melalui pelatihan ini bisa menjadi sarana memelihara kerjasama yang baik antar pserta yang tergabung dalam ARF, sekaligus memupuk rasa persaudaraan di kawasan Asia Pasific. Apalagi kedepan Sulut akan menjadi pintu gerbang Asia Pasific,” kata Sarundajang.

Melalui kegiatan ini, sektor pariwisata juga akan tertunjang, karena seluruh tamu yang hadir bisa menikmati keindahan pariwisata yang ada di Sulut. Untuk itu dukungan seluruh steakholders termasuk tokoh agama sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan ini dalam membangun citra dan opini pariwisata utnuk membentuk persepsi positif masyarakat terhadap sektor pariwisatra.

Dalam konteks itu, membangun citra pariwisata memerlukan pendekatan persuasif, interaktif, komunikatif dan produktif antar pelaku pariwisata termasuk tokoh agama yang memberikan legitimasi spiritual dan dukungan moral terhadap pengembangan pariwisata yang akan membawa peningkatan derajat kehidupan masyarakat.

Dalam sosalisasi yag diselenggarakan biro Kesra Pemprov Sulut diikuti seluruh tokoh agama, kepala BKSUA Sulut KH. Drs Fauzie Nurani, mereka berdoa bersama untuk pelaksanaan kegiatan. Tampak hadir dalam sosialisasi tersebut, Karo Kesra Pemprov Dr T Abeng Elong, Asisten I Drs M M Onibala, unsur Muspida Sulut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: