Mokodongan Resmi Jabat Sekprov Sulut

Ir Siswa Rachmat Mokodongan resmi menjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara. Melalui pengambilan sumpah pelantikan dan serah terima jabatan (Sertijab) Sekda Prov Sulut yang digelar di ruang Mapalus kantor Gubernur Sulut.

Sertijab dari pejabat lama yakni Drs Robby Mamuaja ke Ir Siswa Rachmat Mokodongan dilaksanakan Senin (7/3), dipimpin langsung oleh Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang di dampingi Wakil Gubernur Drs Djouhari Kansil MPd dan Ketua DPRD Sulut Pdt. Meiva Salindeho Sth.
Dalam sambutanya Sarundajang mengharapkan pejabat Sekprov yang baru dapat melaksanakan tugas sebaik mungkin untuk membantu Gubernur dalam menjalankan roda pemerintahan di Sulut.

“Saya mengharapkan Sekda yang baru akan mampu melaksanakan kepercayaan dengan tulus dan penuh rasa tanggungjawab serta melahirkan berbagai inovasi dan kreativitas dalam rangka percepatan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan menuju Sulut yang berbudaya, berdaya saing dan sejahtera,” ungkap Sarundajang.
Sarundajang mengharapkan pejabat Sekprov baru agar tetap profesional, karena jabatan Sekprov memiliki peran strategis dan penting selaku administrator pemerintahan pembangunan dan pelayanan umum, sehingga dituntut untuk senatiasa memenuhi dan mengkoordinasikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada dalam memacu kinerja menuju tercapainya tujuan organisasi.

Peran tersebut tercantum dalam pasal 17 ayat 1 peraturan pemerintahnomor 19 tahun 2010 tentang tata cara pelaksanaan tugas dan wewenang, serta kedudukan keuangan Gubernur sebagai wakil pemerintah di wilayah Provinsi.

“Sejalan dengan perkembangan lingkungan strategis saat ini, Sekda harus mampu menyikapi dinamika perubahan, serta mampu memberikan masukan, saran dan pertimbagan kepada pimpinan, disertai solusi terbaik, Sekda juga harus mempu menghadirkan pelayanan prima kepada masyarakat secara dinamis, menuju terwujudnya Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan asia pasifik,” papar Sarundajang.

Sarundajang juga menyampaikan rasa terima kasih pada pejabat Sekprov lama, Robby Mamuaja yang telah memberikan pengabdian terbaik sebagai Sekprov selama 3 tahun 10 bulan. “Saya menyampaikan rasa terima kasih yang tulus dan penghargaan tinggi pada Saudara Robby Mamuaja dan ibu, yang telah melaksanakan tugas dan pengabdian secara totalitas dan bertanggungjawab, bahkan sampai akhir purna tugas masih menghasilkan inovasi pembangunan bagi kelancaran penyelenggaraan roda pemerintahan Sulut,” katanya.

Mamuaja mampu menunjukan diri sebagai seorang birokrat yang profesional, memiliki komitmen dan integritas serta tulus dalam pengabdian. Segudang prestasi ditunjukan Mamuaja saat menjabat Sekprov yakni pernah menjadi penjabat Walikota Manado dan penjabat Gubernur Sulut. Tiga jabatan strategis itu merupakan kepercayaan yang luar biasa karena belum pernah terjadi sebelumnya dan menjadi satu sejarah di pemerintahan Sulut.

“Saya mengharapkan apa yang sudah terjalin saat ini semuanya bisa dipertahankan bahkan lebih baik lagi, dengan bekerja keras, cerdas dan tuntas serta mengawal dan menuntaskan berbagai agenda global yag akan berlangsung di Sulut nanti,” papar Sarundajang.

Pada pelantikan kemarin, tampak hadir sejumlah Bupati dan Walikota Se Sulut, Anggota DPRD Sulut, anggota DPR RI utusan Sulut, unsur Muspida, Rohaniawan serta tim PKK Sulut juga tamu undanga lainnya. Selesai pelantikan Mokodongan dan Mamuaja berjabat tangan dengan seluruh tamu undangan yang hadir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: