Ingin Kerjasama Perikanan Dubes Afsel Temui Sarundajang

Pengelolaan tehnologi perikanan di Indonesia diakuinya lebih maju dibanding dengan Afrika selatan. Karenanya pemerintah Afrika Selatan ingin melakukan kerjasama dengan Indonesia, lebih khusus dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Hal itu dikatakan Duta besar (Dubes) Afrika Selatan DR. Noel N Lehoko saat menemui Gubernur Sulut DR. Sinyo Sarundajang di ruang kerja Gubernur, Senin (28/02).
Dubes Noel Lehoko yang telah berada di daerah ini sejak Sabtu 26 Februari 2011 lalu, mengatakan Sulut dinilai banyak potensi yang bisa di garap. Namun pihaknya memilih selain ingin bekerja sama di bidang perikanan, juga di bidang pendidikan dan pariwisata. Lehoko mengakui tehnologi perikanan di Indonesia pengelolaannya sudah lebih maju dibanding dengan negaranya.
Karenanya maksud kedatangan kali ini di sulut selain melakukan silahturahmi dengan Gubernur Sarundajang sekaligus dimanfaatkan untuk belajar menyangkut pengelolaan tehnologi perikanan yang ada di daerah ini. Noel mengakui, Provinsi Sulut termasuk salah satu daerah yang telah maju disektor perikanan. Dengan pengelolaan tehnologi yang ada saat ini sehingga daerah bumi nyiur melambai telah lama dikenal sebagai salah satu daerah pengekspor ikan keluar negeri, termasuk masyarakatnya hebat karena bersahabt dan ramah. Sementara di bidang pendidikan Lehoko berharap agar mahasiswa indonesia khususnya sulut untuk lebih banyak belajar di Afsel.
Dubes juga menjelaskan, Afsel pasca berakhirnya rasialisme, setelah dipimpin oleh Presiden Nelson Mandel telah banyak membawa kemajuan di bidang Hak Asasi manusia (HAM) termasuk perekonomiannya bertumbuh sangat pesat, bahkan pertumbuhan ekonominya melebihi dari negara-negara di benua afrika lainnya. Untuk itu Dubes mengajak agar Gubernur Sulut Sinyo Sarundajang kiranya bisa mengunjungi Afsel sebelum masa jabatannya berakhir.
Gubernur Sarundajang merespons positif atas kunjungan Dubes Afsel di daerah ini. Bahkan dalam pertemuan tersebut Sarundajang menawarkan kepada Lehoko berbagai potensi sulut yang cocok dengan permintaan Dubes untuk segera direalisasikan seperti sektor perikanan dan pariwisata.
Sarundajang juga memuji kepemimpinan Presiden Nelson Mandela karena selama memimpin negara tersebut Mandela yang dikenal sebagai salah satu tokoh anti apartheit berhasil membangun sektor pendidikan dan kesehatan, ujar Sarundajang. Hadir dalam pertetmuan itu Asisten Ekonomi Pembangunan Ir Alex Wowowr, Kadis Pariwisata Ir Harvey Sendoh, Karo Perekonomian Drs. Adry Manengkey, MSi dan Pengurus Kapet Manado Bitung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: