Wagub Tutup Rakor Hukumtua/Lurah, Camat se Sulut

Setelah dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Utara DR. Sinyo Harry Sarundajang pada pagi, 25 Februari 2011 di MCC Manado, Rapat Koordinasi Serta Sosialisasi Bidang Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Utara yang diikuti oleh Seluruh Hukumtua/ Kapitalau/ Sangadi/Lurah, Camat, Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab/Kota dan Kepala Badan PMD Kab/Kota se Sulut, pada sore harinya ditutup oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Djouhari Kansil, M.Pd.
Selama sehari para lurah/hukumtua/sangadi dan kapitalau se Sulawesi Utara bertemu dalam suatu forum rapat untuk menerima materi-materi berkaitan dengan Kebijakan Pengembangan Desa dan Kelurahan serta kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat mulai dari tingkat desa dan kelurahan sampai ke tingkat nasional. Hal ini penting untuk menyatukan persepsi serta memberikan wawasan kepada para lurah/kepala desa dan camat karena mereka adalah ujung tombak penyelenggara fungsi pemerintahan yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Materi antara lain diberikan oleh Dirjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri Ayip Muflich.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Sulut DR. drh. F. D. Rotinsulu, melalui Ketua Panitia Penyelenggara Drs. Jansen Muaya, MS yang juga adalah Sekretaris BPM-PD Sulawesi Utara dalam laporannya menyampaikan terima kasih serta memberikan apresiasi atas kehadiran seluruh peserta yang sangat antusias untuk mengikuti acara. Dalam sambutannya Wakil Gubernur antara lain mengingatkan para lurah/kepala desa tentang tugas utama pemerintah termasuk pemerintah desa yang pada dasarnya meliputi Pelayanan (Service), Pemberdayaan (Empowerment), dan Pembangunan (Development) dengan menempatkan masyarakat sebagai subyek atau pelaku utama dalam proses pengelolaan pembangunan (Community Based Development Management). Arah dan sasaran penyelenggaraan pembangunan serta kebijakan pemerintah selalu bermuara pada masyarakat di desa maupun kelurahan Oleh karena itu peran para Lurah, Sangadi, Hukum Tua, Kapitalau memiliki posisi sentral dan strategis sebagai barisan terdepan pengabdi, pengayom dan pelayan masyarakat. Wagub juga mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk mensukseskan event-event internasional yang akan dilaksanakan di Sulut terlebih yang sudah didepan mata yaitu Latihan Penanggulangan/Penanganan Korban Bencana yang diselenggarakan oleh Forum Regional Negara-negara ASEAN atau yang dikenal dengan Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF-DIREX) yang akan berlangsung tanggal 14 s.d 20 Maret di pantai Manado dan Wori Minut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: