Wakil Gubernur: CIDA rencanakan bantu pengembangan Ekonomi Lokal

Canada International Development Agency (CIDA) merencanakan untuk melakukan kegiatan untuk membantu pengembangan dan pemberdayaan ekonomi lokal melalui kegiatan Enhance Local Regional Economic Development (ELRED). Sehubungan dengan itu Wakil Gubernur Drs. Djouhari Kansil, M.Pd hari Rabu, 19 Januari 2011 menerima Tim CIDA Canada yang terdiri dari Bruce Howell selaku Team Coordinator, Christ Kadji dan Solveig bersama Tim CIDA Jakarta yang terdiri dari Jeffrey Ong (Koordinator), Rashmi Sharma, Jamal Gawi dan Pande Trimayuni. Tim ini berada di Manado dalam rangka melakukan Validasi Design Project ELRED (Enhance Local Regional Economic Development) yang rencananya akan dilaksanakan di Sulawesi Utara. Pada kesempatan ini Wakil Gubernur didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Alex Wowor, M.Si, Kepala Bappeda Noldy Tuerah, Ph.D, Kepala Dinas Koperasi dan UKM A. R. Assah, SE.M.Si, Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Provinsi Sulawesi Utara Ir. Tony Korah, M.Si. Project ini nantinya akan dilakukan di 6 (enam) Provinsi di Sulawesi yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Grontalo.
Menurut penjelasan Koordinator Tim yang disampaikan oleh Jeffrey Ong (Perwakilan CIDA Jakarta) saat ini pelaksanaan kegiatan ELRED tersebut masih pada tahapan Validasi Design Project yang akan disampaikan pada Kementerian terkait di Canada untuk mendapatkan Approval untuk kemudian direncanakan akan dilaksanakan September 2011. Oleh karena itu Tim CIDA ini perlu mendapatkan informasi tentang berbagai hal menyangkut program dan kegiatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam Pemberdayaan Ekonomi Lokal. Tim juga meminta masukan mengenai sektor-sektor ekonomi lokal yang saat ini sedang dipacu pengembangannya oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.
Pada kesempatan ini Wakil Gubernur menjelaskan secara panjang lebar tentang arah pengembangan pembangunan perekonomian Sulawesi Utara serta program pengembangan ekonomi lokal yang sedang dan akan dilakukan. Wakil Gubernur juga menyampaikan penghargaan kepada CIDA Canada atas dipilihnya Sulawesi Utara untuk menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan ini. Menurut Wakil Gubernur terdapat beberapa sektor yang berkaitan dengan pengembangan dan pemberdayaan ekonomi lokal yang dapat digarap melalui project ELRED ini nantinya, antara lain pengembangan Pertanian, Perikanan baik perikanan laut maupun darat, perkebunan dan juga usaha-usaha kecil yang berkaitan dengan sector pariwisata. Pada bagian lain, Wakil Gubernur juga menginfromasikan tentang beberapa kegiatan internasional yang akan berlangsung di Sulawesi Utara sampai dengan tahun 2015 serta mengharapkan Pemerintah Canada dapat mengambil bagian dalam berbagai event tersebut. Penjelasan tambahan juga diberikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala BKPMD, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM menyangkut rencana dan program pengembangan ekonomi local menurut bidang tugasnya masing-masing. Tim CIDA ini juga akan menerima pemaparan secara lebih lengkap oleh Kepala Bappeda Sulut
Menurut rencana Tim ini juga akan melakukan Workshop yang akan diikuti oleh peserta dari 6 provinsi di Sulawesi yang akan menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan ini. (Bagian Humas Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: