Persiapan ARF DIREX terus dipacu

Persiapan pelaksanaan Asean Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF-DIREX) Maret 2011 mendapatkan perhatian khusus oleh Gubernur Sulawesi Utara. Pada Rapat Kerja yang dilaksanakan hari Selasa, 18 Januari 2011, Gubernur memberikan arahan dan instruksi-instruksi khusus kepada Panitia Daerah serta semua SKPD untuk segera action sesuai dengan perannya masing-masing. Meskipun secara institusional telah dibentuk Panitia Daerah namun kegiatan ini harus didukung oleh seluruh jajaran Pemprov Sulut , demikian penegasan Gubernur SHS.
Sebagai tindak lanjut instruksi Gubernur tersebut hari ini (19 Desember 2011) dilaksanakan Rapat Koordinasi yang juga turut dihadiri oleh Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Bencana RI Ibu Dewina Nasution. Pada kesempatan rapat tersebut Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Bencana RI memberikan penjelasan tentang Prosedur masuk keluar orang, barang dan peralatan termasuk hewan yang akan dilibatkan dalam penyelenggaraan ARF DIREX Maret nanti. Pada rapat yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sulut Drs. Ferdinand Mewengkang, MM yang kemudian langsung memimpin jalannya Rapat bersama Kepala Badan Penanggulangan Bancana Daerah Sulut Ir. Hoyke Makarawung ini dilaporkan persiapan masing-masing bidang yang kemudian akan dituangkan dalam hasil rapat yang nantinya akan dibawa dalam Rencana Rapat bersama Panitia Daerah dan Panitia Nasional pada selasa depan. Pada saat yang sama Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan juga melakukan Rapat dengan dalam rangka menginventariser kesiapan dan jumlah kamar-kamar hotel di Manado dan Minut untuk perencanaan akomodasi peserta ARF DIREX. Hari ini (Kamis, 20 Januari 2011) Wakil Gubernur juga akan melakukan peninjauan lapangan ke lokasi-lokasi yang direncanakan menjadi tempat pelaksanaan kegiatan serta memantau langsung kesiapan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.
Sebagaimana diketahui kegiatan ARF DIREX ini akan diikuti oleh peserta dari 27 negara Asia Pacifik yang akan terlibat dalam simulasi penanggulangan bencana di lapangan serta simulasi Koordinasi melalui Pusat Komando Penanggulangan Bencana yang akan menjadi bagian dari skenario penyelenggaraan ARF DIREX ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: