Mitra dan Boltim Kecipratan 11 M Lebih Dari Menko Kesra

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Sulut, Rabu (12/01) di Kecamatan Ratatotok, telah menyerahkan bantuan sebesar Rp. 11,930 Miliar lebih bagi Kabupaten Mitra dan Boltim. Bantuan yang berasal dari Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulut (YPBSU) itu terdiri dari tiga bagian yakni bantuan pemberdayaan masyarakat untuk 9 desa sebesar Rp. 7,730,749 M. Bantuan untuk Puskesmas Pembantu Kec, Kotabunan Rp.1,7 M dan Bantuan modal untuk usaha melalui PNPM Mandiri Ratatotok dan Kotabunan sebesar Rp. 2,5 M. Bantuan tersebut langsung diterima oleh kepala desa, Camat dan UPK masing-masing.

Selain itu Agung Laksono juga telah melakukan penandatanganan serah terima Gedung RS Ratatotok, tanah dan perlengkapan dari YPBSU kepada Kementerian Kesehatan RI yang diterima Sekretaris Menteri Kesehatan Dr. Ratna Rosita. Selain itu telah pula dilakukan penyerahan areal pinjam pakai PT. NMR seluas 44,340 Ha kepada Menhut RI yang diterima Kadis Kehutan Sulut Ir SR Makodongan MSi.

Sesmenkokesra Dr. Indroyono Susilo selaku Ketua YPBSU menyatakan, bantuan pemberdayaan masyarakat tahun 2010 untuk 9 desa yaitu Soyoan Rp.990,700. Moreah Rp. 930,300. Moreah I Rp. 942,700. Basaan Rp.1,260,849. Basaan I Rp. 1,211,600. Bulawan Rp.748,700. Bukaka Rp.470.900. Kotabunan Rp. 735,000 dan desa Paret Rp.440,000. Sedangkan bantuan Puskesmas pembantu Kotabunan dan penyerahan bantuan PNPM mandiri merupakan program 2011. Begitu pula dengan RS ratatotok Indroyono menambahkan di tahun 2011 ini pihaknya akan membangun sarana penunjang gedung termasuk peralatan medis dan rudis dr spesialis, serta kendaraan disas untuk dokter.

Agung Laksono mengharapkan bantuan yang diterima masyarakat kiranya dapat di gunakan sebaik mungkin untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, hal yang sama juga ditujukan bagi pengelola RS ratatotok kiranya dapat RS ini akan bisa berfungsi sebagaimana yang diharapkan yakni menjadi sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang baik pula. Senada pula dengan Menkokesra, Gubernur Sulut Dr Sinyo Sarundajang yang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Ir Alex Wowor Msi jugfa berharap kiranya berbagai bantuan yang diterima ini akan memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat di dua kabupten yang berdekatan ini. Khusus menyangkut RS Ratatotoko sarundajang juga berharap agar masyarakat dapat menjaga sekaligus merawat RS ini bagi kepentingan masyrakat.

Trurt hadir dalam acara tersebut , Kapolda Sulut Brigjen Karlo Tewu, Bupati Mitra Telly Cangkulung, Bupati Boltim Sehan Lanjar dan Wabup Boltim Meydi Lensun, serta para pejabat teras dari Pemprov dan kedua Kabupaten itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: